FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Sigap Banjir, Sinergitas Seluruh Pihak Peduli Lingkungan Jadi Prioritas

KBRN, Sungailiat : Kondisi lingkungan dalam upaya pencegahan banjir di Kabupaten Bangka harus terus menjadi prioritas. Hal itu terkait dengan bencana banjir di wilayah Kabupaten Bangka seperti sudah menjadi hal yang rutin terjadi terutama di beberapa titik seperti daerah dataran rendah dan kawasan yang terhubung dengan pasang air laut, hal ini lah yang menjadi konsen pihak BPBD dalam menyikapinya.

Kalakhar BPBD Bangka M. Nursi menuturkan, kerawanan musibah banjir di Bangka cukup tinggi dan sering terjadi, dan hal ini harus disikapi dengan kerja sama dan peran serta seluruh pihak dalam hal kewaspadaan dan upaya penanggulangannya termasuk dalam mengaktifkan tim pemantau dan pemberi informasi terkait kebencanaan di desa desa.

M. Nursi menegaskan, pihaknya terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berada di kawasan banjir tersebut melalui sejumlah sosialisasi dan bentuk mitigasi secara dini seperti halnya peduli terhadap lingkungan sekitar sehingga terhindar dari masalah banjir.

"Jadi untuk menghadapinya kita sama-sama, semua stakeholder harus bersama-sama menghadapinya semua lini, jadi mari kita melaksanakan penataan ruangan lingkungan yang baik kemudian ada usaha untuk mengantisipasi kemudian untuk mengatasi bencana banjir ini harus dengan sistem keroyokan lah tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintahan," Katanya," Selasa (29/11/2021).

Dengan adanya upaya dan sinergitas bersama mulai dari menjaga lingkungan serta penataan ruang lingkungan hingga cepatnya penyampaian informasi ketika terjadi kebencanaan, selain menjadi upaya pencegahan dini kebencanaan, juga akan dapat membuat penanganan kebencanaan dilakukan dengan segera serta memudahkan tim dalam hal pemantauan dan pengevakuasian nya jika sewaktu waktu terjadi bencana, (RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar