FOKUS: #TANGGAP BENCANA

RT 11 Taman Pesona Bangka Libatkan 2 Mobil Damkar Bersihkan Selokan Mampet

KBRN, Sungailiat : Guna menyikapi kondisi musim penghujan saat ini untuk mencegah terjadinya banjir, warga RT 11 Perumahan Taman Pesona Bangka Sungailiat menggelar kegiatan gotong royong pembersihan selokan dan saluran air yang mengalami sedimentasi atau pendangkalan dari sampah sampah dan penumpukan material bangunan yang jatuh ke selokan, Hari ini, Minggu (28/11/2021).

Dalam kegiatan pembersihan selokan dan saluran air ini, RT 11 Taman Pesona Bangka melibatkan 2 unit mobil Damkar Kabupaten Bangka untuk menyemprot saluran air yang sudah lama tersumbat dan buntu sehingga dapat berfungsi secara normal kembali.

Ketua RT 11 Perumahan Taman Pesona Bangka Sungailiat Rika Mardiaty menuturkan, kegiatan gotong royong ini dilakukan selain sebagai upaya untuk menjaga lingkungan perumahan agar tetap sehat terutama mencegah demam berdarah, juga mencegah terjadinya bahaya banjir mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

" Iya kita bersama warga hari ini gotong royong, kita juga minta bantuan dari pihak Damkar Bangka untuk menyemprot selokan dan saluran air yang mampet akibat sampah dan bekas material bangunan warga yang jatuh ke selokan, kegiatan ini inisiatif kita untuk mencegah kasus DBD, menjaga lingkungan sekaligus mencegah banjir, karena hujan intensitasnya tinggi saat ini, Alhamdulillah warga kita antusias," Katanya disela sela kegiatan gotong royong, Minggu (28/11/2021).

Menurut Rika, RT 11 ini merupakan daerah dengan dataran yang rendah dibandingkan dengan areal sekitar komplek, sehingga menjadi daerah yang sering terdampak banjir jika musim penghujan tiba.

" Ya kegiatan seperti ini akan terus kita giatkan setiap satu minggu sekali apalagi di musim penghujan, ini adalah langkah antisipatif kita karena daerah kita ini sering terkena banjir jika intensitas hujan tinggi, apalagi di ujung blok AD, AE dan AF, karena selain rendah juga tempat pertemuan keluar masuk air hujan," Pungkasnya.

Sementara itu Rika berharap, kesadaran dari masyarakat harus terus ditingkatkan dalam hal menjaga lingkungan seperti membuang sampah tidak sembarangan apalagi di areal selokan dan saluran air, begitu halnya bagi masyarakat yang sedang membangun rumah agar memperhatikan material sisa pembangunannya dengan tidak dibiarkan menumpuk atau masuk kedalam saluran air atau selokan sehingga tidak terjadi penumpukan dan menyebabkan bahaya banjir, (RD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar