FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Curah Hujan Diprediksi Tinggi, BMKG Imbau Masyarakat Lakukan Langkah Antisipasi

KBRN, Pangkalpinang : Guna mewaspadai potensi cuaca ekstrim yang di prediksi akan terjadi pada musim hujan tahun ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang menghimbau masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk melakukan beberapa langkah antisipasi sejak dini.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji mengatakan, potensi curah hujan dengan intensitas tinggi yang disertai kilat dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Karenanya BMKG mengimbau agar masyarakat dapat melakukan salah satu langkah pencegahan bencana. Yakni dengan membersihkan saluran air/drainase dilingkungan tempat tinggal dan lingkungan sekitar mereka.

"Salah satu langkah kecil yang bisa dilakukan masyarakat adalah peduli terhadap kondisi saluran air/drainase di sekitar mereka. Mengingat potensi curah hujan tinggi sistem drainase memiliki peran penting untuk kelancaran aliran air pada saat hujan turun," jelas Kurniaji kepada rri.co.id, Jumat (22/10/2021).

Kurniaji melanjutkan, pemerintah daerah dari sekarang harus mulai mengingatkan kesiap-siagaan antisipasi bencana yang berpotensi terjadi di saat musim penghujan. Dengan melibatkan pihak terkait seperti BPBD maupun Tagana.

"Ini penting dilakukan, agar seluruh komponen siap jika sewaktu waktu bencana terjadi," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00