Perubahan Cuaca Harga Sayur Mahal

Perubahan Cuaca sebabkan harga sayur mayur mahal

KBRN, Sungailiat : Harga komoditas sayuran di berbagai pasar di Sungailiat pada beberapa pekan terakhir mulai beranjak naik.

Hal ini membuat pedagang hanya sedikit mengambil keuntungan disaat menjajakan dagangannya dari kisaran Rp 1.000- Rp5.000. Sujinem (65 ), salah satu pedagang sayur di kota Sungailiat mengatakan, pihak pemasok dan pedagang di pasar besar mematok harga lumayan tinggi untuk beberapa jenis komoditas sayur seperti bayem, kangkung dan sawi .

“Sayur karena musim cem ni mahal, sayuran naik semua bayem, kangkung, sawi. Biasanya kangkung hanya Rp 8 ribu sekarang 15 an, sawi biasa 10 – 12 sekarang 25 ribu, kita jualnya 30, belinya 25. Cabe besar naik, sekarang 7 ribu se ons. 65 lah sekilo, yang kecil mahal, bangka punya tu mahal juga 60 an. Ikan mahal.” Ujarnya.

Meski harga naik, dikatakan suginem masyarakat tetap membeli sayur yang dijualnya, hanya saja membelinya dengan jumlah sedikit. kenaikan harga yang dirasakan pedagang dan pembeli di pasaran karena hasil panen sayur dari petani yang tidak maksimal di pengaruhi perubahan cuaca sehingga petani banyak mengalami gagal panen. perubahan iklim merupakan tantangan berat yang harus dihadapi petani dalam budidaya tanaman sayur sayuran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar