DPRD Babel Berencana Buat Perda tentang Baju Adat

Ketua DPRD Provinsi Babel, Herman Suhadi didampingi Anggota DPRD Babel, Aksan Visyawan, diwawancara wartawan di Gedung DPRD Babel, Selasa (16/8/2022).

KBRN, Pangkalpinang : Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Herman Suhadi, menyebut Babel mendunia pada momentum Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Sebab baju adat Babel Paksian motif Pucuk Rebung dikenakan oleh Presiden Jokowi, ketika pidato kenegaraan di Gedung MPR RI, Selasa (16/8/2022).

Bahkan, DPRD Provinsi Babel berencana membuat peraturan daerah (Perda) di hari-hari tertentu masyarakat Babel mengenakan baju adat Babel tersebut.

"Kita kalau mengambil contoh itu di Kepri, kalo tidak salah mereka pakai adat mereka Melayu. Nah kita juga kenapa, ini sudah dimulai oleh Pak Presiden," kata Herman, kepada rri.co.id usai Rapat Paripurna mendengar pidato kenegaraan Sidang Tahunan 2022 di Gedung DPRD Provinsi Babel, Selasa (16/8/2022).

Misalnya, lanjut Herman, pada hari tertentu pakaian adat Babel dikenakan dimulai dari unsur pemerintahan.

"Ya kita pada hari tertentu, ntah hari apalah kita menggunakan pakaian khas Babel, kita mulai dari unsur pemerintahan lah," jelasnya.

Hal itu, lanjut dia, akan diwacanakan, bahkan jika memerlukan peraturan daerah, maka akan dibuat peraturan daerah tersebut. 

"Misalnya dimulai dari peraturan daerah di Provinsi Babel, karena dia akan menyebar ke seluruh kabupaten kota yang ada di Babel," tutur Politisi PDI-P ini.

Selain baju adat ini, ia berharap, hal-hal lain lebih banyak lagi yang membuat Babel terkenal di Indonesia dan dunia internasional.

"G20 ini mungkin itu salah satu kenapa Presiden Jokowi mengenakan baju Babel, karena G20 tingkat menteri akan berada di Babel," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar