Secara Tidak Langsung Presiden Memperkenalkan Babel di Mata Indonesia dan Dunia

Sekda Babel, Naziarto.

KBRN, Pangkalpinang : Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) sangat bangga dan berbahagia pada momentum Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022 ini.

Pasalnya, baju adat Babel yakni paksian motif pucuk rebung dikenakan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada pidato kenegaraan Sidang Tahunan 2022. Gedung MPR RI, Jakarta (16/8/2022).

"Ini menunjukkan baju adat paksian Babel menjadi terkenal di seluruh Nusantara, di depan anggota dewan, senator terhormat. Baju adat itu dikenakan oleh Pak Presiden Jokowi dan dilihat semua yang menyaksikan pidato hari ini, kita Pemprov Babel mewakili Pj Gubernur Babel merasa bangga dan bahagia," kata Sekretaris Daerah Babel, Naziarto kepada rri.co.id di Pangkalpinang, Selasa (16/8/2022).

Lanjut Naziarto, atas nama masyarakat Babel sangat bangga dan bahagia, karena secara tidak langsung Presiden Jokowi memperkenalkan Babel kepada masyarakat di Indonesia dan di mata dunia.

"Karena apa, pidato kenegaraan di Gedung MPR RI tersebut bukan hanya kalangan bangsa Indonesia saja tetapi kalangan yang mulia duta besar dan para negara sahabat. Otomatis ini memperkenalkan Babel di mata internasional. Jadi kita berterima kasih kepada Presiden," ujarnya.

Dia juga mengatakan, Kepala Negara tidak salah pilih menggunakan baju adat Babel pakaian motif pucuk rebung tersebut, yakni secara filosofi pucuk rebung itu berasal dari bambu yang melambangkan berbagai makna mendalam.

"Bambu itu tumbuh atau bertunas, kemudian tumbuh lagi menjadi besar, rimbun, panjang umurnya, biasanya langka itu, beratus tahun bisa tumbuh tanpa mati. Sehingga apa yang dikenakan Pak Jokowi melambangkan kerukunan, kesejukan bagi kita semua, dan penuh harapan menggapai Indonesia ke depan," tuturnya.

"Dan melambangkan pertumbuhan di dalam perekonomian dan kesejahteraan betul-betul menjadi pilihan yang terbaik oleh Presiden di dalam pidato kenegaraan hari ini. Semua mata orang terbelalak, ini menunjukkan Pak Jokowi pemersatu bangsa, dan setiap tahun dilakukan selalu berganti baju adat yang dikenakan, bahwa 34 provinsi di republik ini betul-betul diperhatikan Kepala Negara Pak Jokowi," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar