Disdukcapil Pangkalpinang Gandeng Elemen Masyarakat Lakukan Perubahan Sistem Pelayanan Publik

KBRN, Pangkalpinang : Perubahan pelayanan publik ke era digitalisasi dan mengikuti tuntutan kemajuan teknologi , Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang harus melakukan perubahan sistim dan persyaratan layanan. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima sesuai dengan perkembangan kemajuan zaman.

Diungkapkan Kepala Dinas  Dukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin didampingi Sekretaris Dinas Hassan Rumata beserta jajaran pada saat membuka kegiatan forum diskusi dengan elemen masyarakat , Senin (15/8/2022). Di era digitalisasi dan kemajuan tehnologi, pelayanan di Dukcapil Pangkalpinang mengalami perubahan yang sangat cepat, sehingga beberapa layanan mengalami perubahan dalam system dan syarat.

“Hari ini kami mengundang beberapa elemen masyarakat diantaranya Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Perwakilan pengurus RT dan RW, media dan elemen masyarakat lainnya untuk membahas perubahan Standar Pelayanan dan Standar Operasiinsl Prosedur layanan dalam wadah forum komunikasi pelayanan publik, sekaligus mensosialisasikan perubahan dan membantu kami juga mensosislisasikan perubahan tersebut ke masyarakat lainnya”, jelas Darwin.

Sesi diskusi salah satu perwakilan elemen masyarakat sekaligus Ketua LP5 Babel menyampaikan penyusunan standar pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan kepada masyarakat wajib melibatkan peran serta masyarakat melalui perwakilan-perwakilan elemen masyarakat.

“Keterlibatan elemen masyarakat dalam penyusunan standar layanan itu wajib, undang-undang pelayanan publik mengamanatkan hal tersebut, yang tujuannya adalah untuk memudahkan bagi masyarakat selaku pengguna layanan mengakses layanan tersebut”, sebutnya.

Mantan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bangka Belitung ini, mengapresiasi  upaya yang dilakukan oleh Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang  bersama jajarannya telah mengimplementasikan amanat undang-undang untuk melibatkan elemen masyarakat.

“Baik secara pribadi maupun kelembagaan saya mengapresiasi atas pelibatan elemen masyarakat dalam penyelenggaraan dan penyediaan pelayanan di Disdukcapil Pangkalpinang oleh Pak Kadin beserta jajarannya, saya rasa pelayanan Disdukcapil sudah baik, standar layanannyapun sudah komplit, bahkan aduan masyarkat terhadap layanan Disdukcapil Pangkalpinang hampir tidak ada, kalau hanya masalah teknis karena faktor server, jaringan saya rasa itu hal yang biasa dialami hampir di Disdukcapil di Indonesia dan itupun hanya terjadi secara singkat, bukan karena human error”, pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar