Warga Binaan Lapas Narkotika Pangkal Pinang Dapatkan Pembinaan Kemandirian

KBRN, Sungailiat : Warga Binaan mendapatkan pelatihan melalui program pembinaan kemandirian yang diselenggarakan Lapas Narkotika Pangkal Pinang sebagai persiapan untuk menjadi SDM yang mandiri dan tidak mengulangi perbuatannya setelah bebas nanti.

Disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kota Pangkal Pinang Sugeng Hardono, Kamis ( 7/7/2022) saat dialog luar studio dengan Topik : Mengawal UMKM di Balik Jeruji Narkoba di Pangkal Pinang. dikatakannya masa depan warga binaan ini sebetulnya bukan di lapas, masa depan mereka itu ada di luar sehingga  perlu dibekali dengan keterampilan sehingga dapat meningkatkan kemampuan diri.

“masa depan mereka bukan di lapas, masa depan mereka di luar , anak, Istri keluarga sudah menunggu tetap semangat menjalani masa pidana ini, tidak ada yang mau menjadi warga binaan, mereka bukan orang jahat, tetapi mereka hanya tersesat, tugas kita menyiapkan mereka kembali ke masyarakat.” ujarnya.

Keterampilan yang telah diberikan kepada warga binaan diantaranya kemandirian, ke rohanian supaya nantinya warga binaan ini bisa berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, selain itu dikatakannya lapas narkotika juga dalam pembinaan wirausaha yang dilakukan tidak bisa berdiri sendiri, butuh Kerjasama semua pihak salah satunya dari dinas tenaga kerja , karena ini juga menjadi program kota Pangkal pinang menurunkan angka pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan di pacu dengan pelatihan kemandirian.

Sementara itu Kabid Brantas dan Intel Badan Narkotika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kombes Pol Dinnar, SIK mengatakan pihaknya terus melakukan sinergitas dengan pihak lapas dalam upaya memberikan edukasi kepada warga binaan sehingga mental warga binaan menjadi lebih baik.

“kami sangat mendukung sekali, kami termasuk juga salah satu di dalamnya , kami ikut sebagai Pembina kegiatan pembinaan ini sebagai konsuler juga menberikan bimbingan dan arahan kepada warga binaan bersama lapas untuk mempersiapkan mereka setelah mereka meyelesaikan masa tahanan, keluar sudah siap pakai dan mental mereka juga lebih baik dari sebelumnya” ujarnya

Program Pembinaan yang dilakukan di Lapas Narkotika Pangkal Pinang diantaranya Keterampilan Barista, Barber Shop, Las, UMKM dan Jahit. Dengan adanya pembinaan kemandirian yang dilakukan diharapkan nanti para warga binaan pemasyarakatan ini setelah bebas memiliki keahlian dan keterampilan serta produktif dan dapat membuka peluang usaha sendiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar