Pulau Bangka Sempat Gelap Gulita

KBRN; Pangkalpinang : Pulau Bangka sempat gelap gulita karena padamnya listrik PLN akibat terimbas Gangguan Listrik saluran udara tegangan tinggi (SUTT) Lahat – Bukit Asam yang terjadi semalam  Pukul 18.31 WIB.

“Iya Bang sedang proses penormalan ya Bang, mohon ditunggu,” kata Manager Komunikasi PLN Wilayah Bangka Belitung Tri Putra Septa kepada rri.co.id, Senin malam, (04/07/2022) melalui pesan Whatsup menjawab pertanyaan rri.co.id terkait padamnya lampu di seluruh Pulau Bangka.

Ia menambahkan terimbasnya sebagian besar wilayah Pulau Bangka itu dikarenakan sebagian besar listrik di Babel dipasok dari Sumatera.

“Karena kita suplay listrik dari Sumatera Bang, iya kita terimbas juga,” ujarnya lagi melalui whatsup.

Namun Tri Putra Septa tidak bersedia memberi keterangan lebih jauh mengingat kejadian padamnya listrik PLN di Pulau Bangka ini terjadi menyeluruh secara bersamaan.

“Bentar Bang, kita minta Pak GM nanti bicara dan lebih pas beliau karena satu pulau yang padam,” tambahnya lagi masih via whatsup.

Sementara itu tepat pukul 01.08 wib, Selasa (05/07/2022) rri.co.id menerima rilis resmi PLN Pusat yang disampaikan Asisten Manager Komunikasi PLN Wilayah Bangka Belitung A. Fakul Rohman. Dalam rilis itu President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto Vice menyebutkan PLN berhasil memulihkan 100% pasokan listrik kepelanggan pasca terjadinya gangguan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kV Lahat – Bukit Asam disebagian wilayah Sumatera dan Bangka.

“Penormalan secara bertahap, mulai dari pukul 21.26 wib sistim Sumatera bagian utara100% berhasil dipulihkan . menyusul kemudian sistim Sumatera bagian tengah pulih 100% dan terakhir kelistrikan Sumatera bagian selatan dan Bangka,” jelasnya.

PLN mengklaim  saat ini semua sitim interkoneksi kelistrikan telah berhasil dipulihkan.

“Saat ini semua sistim interkoneksi kelistrikan telah berhasil dipulihkan dan seluruh pelanggan sudah kembali menyala,” imbuhnya.

Sementara itu sekitar pukul 18.31 wib masyarakat diseluruh wilayah pulau Bangka dikejutkan dengan kejadian padamnya listrik PLN. Whatsup dan media sosial lainnya sontak dibanjiri dengan pesan berantai, status dan postingan serta komentar yang beragam pula dari para nitizen. Dari pantauan rri.co.id, di Sungailiat, Sekitar pukul 23.35 Wib, Senin 4 Juli 2022, listrik PLN baru mulai menyala namun tidak merata.

“Gelap gulita tadi pas mati, terus menyala disini, disana tidak, sebagian nyala, sebagian disana masih gelap, gak lama itu baru nyala semua,” kata Yoan warga Sungailiat. (WS)

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar