Hilal Tak Terlihat, Pemerintah Mufakat Tetapkan Idul Adha 10 Juli 2022

KBRN, Bangka : Kementerian Agama Republik Indonesia melalui sidang isbat memutuskan 1 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada Jum’at, 1 Juli 2022.

Dengan telah ditetapkannya awal Dzulhijjah ini, maka Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah akan jatuh pada Senin (10/7/2022).

Sebelum penetapan ini, terlebih dahulu dilakukan rukyatul hilal pada 86 titik di 34 provinsi di Indonesia, dan dari semua titik itu tidak ada satupun yang melihat hilal, sehingga pemerintah akhirnya secara mufakat menentukan awal Dzulhijjah jatuh pada 1 Juli 2022 nanti.

Ahmad Fadholi (kanan)

Di Bangka Belitung, pelaksanaan rukyatul hilal dilakukan di Pantai Tanjung Raya, Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka juga menyatakan hilal tidak terpantau.

Dijelaskan salah seorang anggota Tim Ahli Hisab Rukyah dari Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ahmad Fadholi, rukyatul hilal di Penagan ini secara perhitungan astronomis hilal sudah di atas 2 derajat lebih, namun elongasinya masih 4 derajat lebih.

“Secara kriteria yang baru ini hilal itu minimal 3 derajat dengan elongasi 6,4. Dari pantauan seluruh Indonesia hilal terpantau bervarian dari 1 hingga 3 derajat, daerah Aceh sudah 3 derajat namun elongasinya belum nyampe 6,4, jadi belum ada yang melaporkan hilal terlihat di Indonesia, jadi istilahnya itu ‘berhasil tidak melihat hilal’,” bebernya.

Kurniaji (kiri)

Di tempat yang sama, Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji menyebutkan, BMKG melihat pantauan hilal terganggu kondisi cuaca yang berawan tebal sehingga tidak terlihat dengan baik

“Dengan kondisi cuaca yang cenderung berawan tebal seperti ini, memang kondisi hilal tidak akan terlihat dengan baik. Dan tadi juga hilal terpantau masih di bawah 3 derajat, di kisaran 2 derajat lebih. Jadi sudah ditetapkan hilal berhasil tidak terlihat,” terangnya.

Pelaksanaan rukyatul hilal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilakukan tim gabungan yang terdiri dari Kanwil Kemenag Babel, IAIN Syekh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, serta BMKG Pangkalpinang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar