Lagi, Sidak ke Tambang Ilegal, RD Pesan Penambang untuk Angkat Kaki

Pj Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin melakukan sidak ke lokasi tambang ilegal di Air Itam Pangkalpinang, Rabu (25/5/2022).

KBRN, Pangkalpinang: Sejak menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin (RD) sangat sering melakukan kunjungan ke lokasi tambang timah di wilayahnya.

Kali ini Ridwan yang juga menjabat sebagai Dirjen Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM ini turun ke lapangan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tempat penambangan timah ilegal yang berada di belakang komplek Citraland, Jalan Alexander, Air Itam, Pangkalpinang, Rabu (25/05/2022).

Inspeksi mendadak oleh RD ini dilakukan mengingat semakin banyaknya tambang ilegal diberbagai tempat di Babel, termasuk di belakang komplek Citraland. Akibat aktivitas penambangan ilegal ini pagar perumahan tersebut sering tergerus dan terancam roboh.

"Kita menjalankan tugas pemerintah, bahwa tidak boleh adanya penambangan ilegal. Itu merugikan negara, merusak lingkungan, dan bagi pelaku itu sendiri, berisiko itu," kata Ridwan di sela kegiatan.

Untuk itu RD mengajak Polda Babel untuk segera menertibkan penambangan ilegal, supaya tidak merugikan negara. Selain itu, dengan larangan tambang ilegal ini akan membuat  lingkungan terjaga dengan baik, dan kehidupan masyarakat di Babel dapat berkelanjutan di masa mendatang.

"Kita akan tertibkan penambang timah ilegal, saya sudah bicara dengan kapolda tadi. Intinya sebagai pelaksana pemerintah, kita mau kompak dalam penegakan hukum di Babel," ujar pria kelahiran Muntok Bangka Barat ini.

Bahkan RD memberikan pesan kepada para penambang ilegal untuk angkat kaki. Ia melarang penambangan timah dilakukan masyarakat maupun perusahaan secara ilegal, karena merugikan pemerintah maupun masyarakat itu sendiri, dan merusak lingkungan.

Untuk itu, dia mengarahkan para penambang untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Kalau masyarakat mau berusaha tempuh jalan yang benar, prosedur tidak sulit. Kita akan bantu masyarakat untuk mengurus izin tambang," tegasnya. ( DN - NV )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar