Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertama Hadir di Babel

Penekanan tombol sirine peresmian SPKLU pertama Babel di Kantor PLN UIW Babel.

KBRN, Pangkalpinang : Kantor PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Babel, bertempat di Kantor PLN UIW Babel.

SPKLU tersebut resmi beroperasi setelah dilakukan peresmian dengan ditandai penekanan tombol sirine oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, bersama General Manager (GM) PLN Babel, Amris Adnan, beserta Forkompimda Babel, Rabu (26/1/2022).

Menurut Gubernur Erzaldi, dengan hadirnya SPKLU pertama di Babel ini untuk mendorong masyarakat menggunakan kendaraan listrik.

"Tadi saya sampaikan untuk masyarakat yang membeli motor/mobil, biaya balik nama (BBN)nya nol. Kita juga mendorong SPKLU lebih banyak lagi," kata Erzaldi kepada wartawan.

Dia mengatakan, SPKLU tersebut bakal hadir di Belitung, yang juga sebagai mendukung 'official car' pada pertemuan tingkat menteri pembangunan atau G20 Belitong pada bulan September mendatang.

"Kita terus memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa dengan mobil/motor listrik ini, nilai ekonomis nya 1 berbanding 4. Artinya kalo kita Makai motor biasa dibandingkan motor listrik itu hanya 25 persen dari biaya kita biasanya," ujarnya.

"Kita berharap ini dapat kita dorong agar masyarakat kita dapat menggunakan kendaraan listrik, dan utamanya kita turunkan emisi di Babel," harapnya.

Sementara, GM PLN UIW Babel, Amris Adnan, menjelaskan, pengisian di SPKLU per-Kwh dengan biaya sekitar Rp 2,400. Diharapkan, hadirnya SPKLU ini dapat menaikan animo masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik khususnya di Babel.

"Kita berusaha, tanggungjawab PLN mensosialisasikan kalo masyarakat tertarik ya fasilitas sudah tersedia," ujar Amris.

Ia juga, menjelaskan bahwa mobil listrik dengan pengecasan selama 1 jam, akan mampu menempuh perjalanan 350 kilometer.

"Ini jarak tempuh sekali cas 350 kilometer," terangnya sambil menunjukkan mobil listrik milik PLN Babel yang dipamerkan di SPKLU PLN Babel.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar