Gaji PNS di Pemprov Babel Belum Cair

Pelantikan CPNS menjadi PNS di Pemprov Babel (dok RRI)

KBRN, Pangkalpinang : Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sejauh ini belum dicairkan atau masuk ke rekening para PNS. Padahal saat ini telah masuk pertengahan Januari.

Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah, mengatakan, keterlambatan gaji PNS karena persoalan administrasi saja.

"Pertama itu peroalan terkait adanya unsur sistem yang baru diterabkan dari Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) ke Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) membuat keterlambatan melakukan kegiatan administratif," kata Abdul Fatah, Selasa (18/1/2022).

Dia memastikan keterlambatan gaji PNS disebabkan karena faktor administrasi bukan persoalan keterbatasan anggaran.

"Sifatnya administratif saja, yang harus dipenuhi dan setelah masuk dalam sistem akan menjadi lancar. Ini terjadi transisi penerapan SIMDA ke SIPD," katanya.

Sementara, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Babel, Fery Afriyanto, mengatakan, keterlambatan gaji PNS/ASN disebabkan karena proses evaluasi Perda APBD 2022.

"Terlambat karena evaluasi Perda APBD 2022 dari kemendagri ada terlambatan. Hasil evaluasi kita terima tanggal 28 Desember 2021. Sehingga DPA baru bisa kita selesaikan 14 Januari 2022," kata Fery, Selasa (18/1/2022).

Dia menjelaskan, untuk anggaran gaji hingga tunjangan PNS berjumlah kurang lebih Rp 24 Miliar per bulan.

"Hari Senin ini sudah mulai pencairan gaji. Sudah ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengajukan SPM Gaji," terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar