Pemprov Babel Bakal Hijaukan Kawasan Bekas Tambang di Bandara Depati Amir

Rapat Pembahasan terkait Program Penghijauan dan Reboisasi di Wilayah Bandara Depati Amir Pangkalpinang bertempat di Ruang Tanjung Pesona Kantor Gubernur Babel, Selasa (18/1/2022).

KBRN, Pangkalpinang : Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) bakal melakukan penghijauan dan reboisasi di kawasan Bandara Depati Amir Pangkalpinang. 

Asisten I Pemprov Babel, M. Saleh, mengatakan, pada tanggal 28 Januari 2022 nanti serentak se-Babel akan melakukan penghijauan dan reboisasi di daerah masing-masing dengan luas 5 hektare, sehingga total 40 hektar.

Sementara untuk di tingkat Provinsi Babel akan melakukan penghijauan dan reboisasi dengan menanam 1.500 tanaman di kawasan VIP Bandara Depati Amir yang merupakan lahan bekas tambang.

"Terus yang akan ditanam kemungkinan tanaman ekonomis salah satu jambu mete, tapi kita lihat tanaman apa yang cocok bekas tambang ini apa, tapi yang diarahkan sekarang ada dua pertama jambu mete dan pinang," kata Saleh kepada rri.co.id di Kantor Gubernur, Selasa (18/1/2022).

Menurut Saleh, Pemprov Babel melatarbelakangi penghijauan dan reboisasi itu karena prihatin kondisi lahan di Babel bekas tambang.

"Babel daerah bekas tambang, daerah lahan yang kita lihat dari atas banyak kolong-kolong kemudian lahan yang terlantar banyak dan tidak ekonomis kan akhirnya," jelasnya.

Program tersebut, lanjutnya, akan terus berlanjut meskipun dengan jumlah lahan yang sedikit. Setelah dilakukan penanaman juga diharapkan ada program guna melihat hasil daripada kegiatan tersebut.

"Setelah pasca tanam ada program,  program pemeliharaan sehingga tidak dibiarkan, sehingga hasil yang ditanam ini ada pertama untuk penghijauan untuk reboisasi ataupun reklamasi, kemudian memberikan manfaat secara ekonomis masyarakat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar