Pemprov Babel Bersama Pemkab Bateng Tanam 2.000 Pohon di Wisata Danau Pading

KBRN, Bangka Tengah :  Dalam rangka peringatan Puncak Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Tahun 2021, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama PePemerintah Kabupaten Bangka Tengah, menanam sebanyak 2000 bibit pohon produktif, di Danau Pading, Desa Perlang, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (30/11/2021).

Sebanyak 2000 bibit pohon produktif, seperti mangga, jambu, dan rambutan, serta bibit pohon penghijauan. Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, dalam kesempatan itu menanam secara simbolis bibit pohon mangga. 

Menurut Erzaldi, keberadaan Danau Pading saat ini dengan cepat menjadi populer dan dikenal luas masyarakat. Hal itu tak terlepas peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Danau Pading bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yang bisa memanfaatkan lahan eks tambang sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat. 

"Karena potensi wisata di Danau Pading sangat luar biasa, panoramanya seperti di kaki gunung Alpen Swiss," kata Erzaldi. 

Dia mengatakan, dengan potensi yang luar biasa itu, diharapkan seluruh pihak turut serta dalam pengembangan lokasi wisata itu dengan tetap mengutamakan keterlibatan masyarakat setempat. 

"Insya Allah tahun 2022 nanti akan ada investasi hasil kerja sama Pemprov Babel dan Pemkab Bateng untuk mengembangkan wilayah ini (Danau Pading)," tambahnya.

Untuk mendukung wisata di kawasan itu juga, Erzaldi mengatakan pihaknya sedang menyiapkan program lelang pohon di kawasan Danau Pading seluas 80 Hektar. Nantinya pohon tersebut akan dikelola Pokdarwis untuk ditanam sekaligus dirawat pohon tersebut hingga besar. 

"Saya mulai dengan 50 batang untuk disumbangkan kepada Pokdarwis, saya harap perusahaan-perusahaan di Babel ikut turut berkontribusi, dan ditargetkan bulan depan sudah tertanam semua," pungkasnya. 

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman, dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Erzaldi atas perhatiannya dalam memajukan pariwisata di Bangka Tengah, khususnya Danau Pading. 

"Ini merupakan hal yang luar biasa, dengan dukungan gubernur, Pemkab. Bateng dan para pemuda di kawasan ini, mampu mengemas lahan eks tambang timah menjadi satu destinasi wisata di Bangka Tengah," ujar Algafry. (Rilis/DB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar