UKW di Sambut Antusias, PWI Bangka Gelar Pra UKW

KBRN; Sungailiat : Antusiasnya para jurnalis dari berbagai media mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) khususnya jenjang muda yang di selenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka, membuat panitia pelaksana menggelar kegiatan Pra UKW sejak 21 hingga 22 oktober 2021.

“Jadi pra UKW itu salah satu bentuk seleksi untuk peserta uji kompetensi wartawan jenjang muda, ini karena banyaknya animo dari peserta”, kata Ketua PWI Kabupaten Bangka Zuesty Novyanti kepada rri.co.id, Kamis (21/10/2021) di Sungailiat 

Dia menambahkan pelaksanaan Pra UKW juga mengacu kepada ketentuan dari Dewan Pers yang hanya memperbolehkan UKW di laksanakan lima kelas dengan satu kelas terdiri dari 6 orang.

“Dan aturan dari dewan pers hanya boleh di lakukan UKW kuotanya 5 kelas saja, jadi kemarin kita bagi satu kelas utama, dua kelas madya dan dua kelas jenjang muda, satu kelas nanti ada enam orang”, ujarnya.

Pra UKW yang berlangsung di Sekretariat PWI jalan Jenderal Sudirman Pangkalpinang ini akan memilih sebanyak 12 orang peserta UKW jenjang muda yang nanti akan mengikuti UKW Desember mendatang.

“Jadi untuk itu kita lakukan pra UKW ini untuk memilih 12 orang peserta yang akan ikut UKW pada tanggal 1 dan 2 Desember 2021”, tambah Hesty.

Sementara itu salah seorang peserta Pra UKW hari pertama Randhu Oktora dari media online Kabar Bangka kepada rri.co.id mengungkapkan kegiatan pra UKW baginya tidak hanya sekedar seleksi namun juga menambah pemahamannya tentang jurnalistik.

“Setidaknya meskipun sudah bergelut di pers dengan waktu yang masing – masing relatif, ya memang perlu adanya ini karena keteledoran bukan semata – mata dari kita yang sudah berpengalaman tetapi ada hal memang harus di perhatikan terutama kode etik jurnalistiknya”, kata Randhu (WS).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00