KPU Sintang Kerahkan 60 petugas Penyortir dan Pelipat Kertas Surat Suara

KBRN, Sintang : Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Sintang mulai melakukan sortir dan pelipatan kertas surat suara pilkada kabupaten sintang tahun 2020 yang dipusatkan di Aula Satpol PP Sintang Jalan PKP Mujahidin Sintang , Sabtu ( 21/11/2020).

Ketua KPU Sintang Hazizah saat menyampaikan pengarahan pada 60 orang tenaga penyortir dan Pelipat kertas surat suara dan menegaskan aturan penting yang harus ditaati oleh petugas pelipat kertas suara .

“Saat melakukan pelipatan kertas surat suara  petugas tidak diperkenankan sambil makan minum dan menelpon serta tidak diperbolehkan swafoto dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19 ” kata Hazizah..

KPU juga membagi kelompok pelipat dan penyortir kertas surat suara menjadi 20 kelompok, satu kelompok terdiri dari 3 orang, dengan target akan selesai dalam dua hari.

“Mereka juga agar memperhatikan kertas surat suara yang masuk dalam kategori rusak, sehingga  nantinya dapat langsung dilaporkan agar dapat langsung direkap jumlahnya,” ujarnya.

Untuk Kabupaten Sintang, jumlah Kertas surat suara yang ada sebanyak 297.355 lembar ditambah PSU 2.000 lembar sehingga totalnya menjadi 299.355 lembar.

Untuk memastikan kertas suarat suara rusak atau tidak kata Hazizah yakni  beberapa kategori kertas surat suara yang dinyatakan rusak seperti warnanya pudar, kusut atau mengkerut sobek dibagian tengah dan atau bagian pinggir maupun atas.

Selain itu juga kategori rusak terdapat bercak atau noda besar, logo KPU tidak jelas, tulisatn surat suara kotor dan sebagainya. ( Ram),

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00