Karsinah Yakinkan Integritas KPU Pada Penyelenggaraan Pilbup Sintang 2020

KBRN, Sintang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkomitment menjaga independensi sebagai penyelenggaraan pemilu terlebih saat ini KPU mulai melaksanakan tahapan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sintang 2020 yang akan dilaksanakan 23 september 2020 mendatang.

Komisioner KPU Sintang Karsinah mengatakan kasus  yang menjerat Komisioner RI tidak berpengaruh pada integritas pelaksana pemilu di daerah.

“Kami selaku penyelenggara berduka atas kasus ini, tapi kami tidak boleh kendor atas kasus ini, apalagi Sintang akan menyelenggarakan Pilkada. Kami tetap akan mengacu regulasi yang dibuat KPU RI serta berkomitment untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat,” ujarnya saat berdialog di RRI Sintang, Kamis (16/01/2020).

Ia juga meminta masyarakat untuk tetap percaya pada KPU sebagai penyelanggara pemilu yang Independen. Kepercayaan masyarakat pada pelaksanaan pemilu sangat penting menjadi sebuah berkontribusi yang dibuktikan dalam partisipasinya pada pemilu 2020.

“Masyarakat sangat menentukan siapa pemimpin daerah kabupaten Sintang kedepan, untuk itu partisipasi aktif sangat diperlukan,” tambahnya.

Saat ini KPU Sintang tengah melakukan perekrutan  Panitia Pemilihan di Tingkat Kecamatan (PPK) yang dimulai tanggal 15 januari  2020, Karsinah mengatakan rekrutment PPK ini memiliki beberapa persyaratan salah satunya tidak terlibat tim kampanye pemilu dan bukan anggota Partai Politik sekurang- kurangya 5 tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Parpol. (fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00