Cegah Filariasis, Puskesmas Bagikan Obat Gratis

KBRN, Sintang: Puskesmas Tanjung Puri Sintang Oktober tahun ini membagikan dua puluh tiga ribu sasaran pemberian obat filariasis atau pencegah penyakit kaki gajah di Wilayah kerja Puskesmas Tanjung Puri Sintang Kalimantan Barat.

Staf bidang program penularan, pencegahan penyakit Puskesmas Tanjung Puri Sintang Sukitarini Tri Putri mengatakan jumlah sasaran ini tersebar di sebelas Desa dan kelurahan Tanjung Puri Sintang dan pembagian obat diperpanjang hingga awal November 2019.

“Obat filariasis ini programnya lima tahun dan tahun ini adalah tahun keempat untuk mengkonsumsinya, dengan konsumsi rutin selama lima tahun, maka diharapkan tidak ada penderita penyakit kaki gajah di Wilayah kerja kita”. Kata Sukitarini Tri Putri.

Sukitarini sangat menyayangkan pada tahun lalu mampu terealisasi pembagian obat filariasis hanya mencapai tujuh puluh delapan persen saja dan tahun ini penjadwalan datang langsung ke rumah warga diharapkan target dapat mencapai seratus persen.

“Pemerintah tahun ini memprioritaskan obat ini untuk usia 12 bulan hingga 70 tahun sedangkan beberapa kriteria yang tidak boleh mengkonsumsi obat filariasis yaitu Bayi, ibu hamil tidak dianjurkan, penderita kencing manis, jantung dan penyakit kronis lainnya”. Tambah Sukitarini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00