Membanggakan, Siswa SMP 1 Sintang Jadi Pemain Terbaik GSI di Bogor

KBRN, Sintang: Kabar membanggakan datang dari anak asal Sintang yang lolos dalam ajang pencarian bakat sepakbola usia muda seleksi Galasiswa Indonesia dari Kemendikbud Ristek dan kemenristek Dikti.

Sebelumnya terdapat lebih dari 6 ribu anak dari 33 provinsi dari berbagai sekolah setingkat SMP di Indonesia yang mengikuti ajang ini, kemudian mengerucut menjadi 102 pemain, dari 102 pemain ini kabupaten Sintang lolos seleksi lima orang.

Pelatih Glora Sintang Adito Risti Kurnian alias Coki mengatakan anak anak didiknya ini dilatih sejak usia 9 tahun, mereka merupakan  siswa di SMP negeri 1 Sintang mewakili Kalbar mengikuti seleksi di Sentul Bogor Jawa barat.

“ Dari 102 anak terseleksi secara online, dengan mengirinkan vidio skil bernain sepakbola, selanjutnya dijaring menjadi 30 orang, dari Sintang ada 5 Siswa seperti Raka Al kahtani, Rafa Al Kahfi, Hadi, Gusti Fatih, Elfadi Rangga, semuanya siswa SMP 1 dan masuk dalam katagori nilai tertinggi se provinsi kalbar,” kata Coki, senin (30/11/2021)

Raka Al kahtani, Rafa Al Kahfi, masuk dalam 30 pemain terbaik namun yang lolos seleksi terakhir 11 pemain terbaik salah satunya dari Sintang Rafa Alkahfi. Nantinya kata Coki, mereka akan masuk ke jalur Timnas U-16.

Gala Siswa Indonesia ini salah satu ajang untuk memasok talenta terbaik pemain sepakbola muda Indonesia, harapanya mereka dapat menjadi  pemain-pemain di elit pro akademi PSSI mereka ini ditempa dalam traning camp.

Direktur Teknik PSSI Danurwindo mengatakan pemain pemain ini harus berlatih dengan latihan terbaik bermain terbaik, latihan ini ada di elite pro akademi, harapanya mereka bisa masuk pro akademi dalam ajang elit kompetisi.

Event ini sudah berlangsung selama 4 kali sempat terhenti akibat pandemic namun kali ini bergulir dengan melakukan seleksi secara daring.

Dirjen kemendikbudristek  Jumeri mengatakan anak anak ini masih memiliki waktu 4 sampai 5 tahun untuk terus mengembangkan bakat dan bisa masuk Timnas U-19.

“ Anak-anak ini diharapkan menjadi pemain didaerahnya dan direkrut PSSI untuk bermain mempaerkuat Timnas di ajang U-19 nantinya,” katanya. (fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar