BMKG Sintang Ingatkan Potensi Karhutla di Bulan Juli- Agustus

KBRN, Sintang:Kepala Badan Meterologi Klimatologi dan Geo Fisika (BMKG) Kabupaten Sintang  Supriyandi mengingatkan masyarakat kabupaten Sintang dan sekitarnya untuk mewaspadai banyaknya titik api (Hot spot) pada pertengahan Juli hingga agustus 2020.

Beberapa Kecamatan yang berpotensi mengalami kekeringan tinggi  di daerah perbatasan Ketungau hulu, Serawai dan Ambalau dan beberapa wilayah di wilayah Kayan.

“Kondisi ini diperkirakan akan terjadi hingga september, dan  peningkatan curah hujan akan terjadi pada nopember,” ungkap Supriyandi, selasa (16/06/2020).

Namun saat ini yang perlu diwaspadai potensi angin kencang akibat masa transisi cuaca yang akan terjadi pada sore hari

Menyikapi potensi terjadinya Kebakaran Hutan dan lahan pemerintah Kabupaten Sintang terus melakukan sosialisasi perbup nomor 18 tahun 2020 ini.

Terbitnya perbup ini merupakan amanah tindaklanjut dari  ketentuan peraturan perudangan-undangan dan kebijakan yang lebih tinggi yang sudah di buat oleh pemerintah pusat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Bernard Saragih mengatakan saat ini belum ada status yang ditetapkan oleh BPBD tekait Karhutla, sebab dalam penentuan Status perlu ada rekomendasi dari BMKG dan Lingkungan Hidup.

“Kami telah melakukan diskusi dengan Damkar dalam penentuan siaga dan tidak menganggu anggaran Penanganan Karhutla, kendati ada refocusing anggaran akibat covid-19,  anggaran Rp500 juta tetap disiapkan ,” katanya.

Sementara sosialisasi Perbup 18 tahun 2020 ini tentang tata cara membuka lahan pertanian yang gencar dilakukan  untuk memberikan pengayoman dan perlindungan hukum kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Sintang, dengan mengedepankan kearifan lokal dalam membakar lahan pertanian yang memang sudah ada sejak dulu di tengah-tengah masyarakat sehingga peristiwa-peristiwa hukum terhadap masyarakat peladang yang sudah terjadi sebelumnya tidak terulang kembali. (Fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00