Jelang Ramadhan, Disperindagkop Sintang Lakukan Tinjauan Penggunaan Gas Elpiji Ke Sejumlah Rumah Makan

KBRN, Sintang: Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Stasiun Pengisian Bulk Elpiji, Kamis 02 Mei 2019 melakukan pemantauan penggunaan Gas Elpiji tiga Kilogram ke sejumlah rumah makan di Kota Sintang.

Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang Emiliana Lidya mengatakan kegiatan pemantauan penggunaan elpiji tiga kilogram dilaksanakan per triwulan, dalam pemantauan langsung ini selain masalah peruntukan juga masalah harga apalagi menjelang ramadhan dan setiap parayaan hari besar umat beragama.

“Elpiji tiga kilogram ini mendapatkan subsidi dari Pemerintah dan diperuntukan pada Masyarakat kurang mampu”. Kata Emiliana Lidya, Kamis (02/05/2019).

Dikatakan Lidya pada dasarnya gas elpiji tiga kilogram peruntukannya hanya untuk Masyarakat kurang mampu atau pelaku usaha yang dinilai dibawah standar kemampuan perekonomiannya, namun kondisi di Lapangan masih ditemukan pelaku usaha besar masih menggunakan elpiji tiga kilogram.

“Dari hasil tinjauan tadi, kami temukan rata-rata masih harus kami lakukan pembinaan meskipun ada beberapa yang sudah menggunakan gas 5,5 dan 12 Kg”. Ujarnya.

Tindak lanjut dari temuan penggunaan elpiji yang bukan peruntukan lanjut Lidya akan mendapatkan arahan langsung atau teguran lisan dari para petugas, jika tidak diindahkan maka diberikan teguran tertulis  dalam tiga kali berturut-turut bahkan dipanggil ke Disperindagkop dan UKM, selanjutnya diinformasikan hal-hal telah menjadi aturan yang berlaku.

“Kita akan jelaskan peraturannya dan akan dicarikan solusi bersama jika pelanggaran yang dilakukan ini memiliki alasan tertentu”. Tambah Lidya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00