Peluang Bisnis Berbasis Digital Ditengah Pandemi

KBRN, Sintang: Pandemi Covid-19 menjadi peluang baik untuk peningkatan omset bisnis digital di Sintang. Setidaknya inilah yang dirasakan Dede Aunurrahman pemilik Order online (Oline ) sebuah start up local Sintang yang dibangunya dalam dua tahun terakhir.

Terdapat 300 UMKM local dan sekitar 100 driver yang dapat hidup ditengah kondisi sulit pandemi covid-19. Delapan puluh persenya bergerak pada bisnis kuliner.

“ Begitu pandemi, masyarakat Sintang lebih banyak dirumah maka peluang ini memungkinkan kami meningkatkan pelayanan karena adanya peningkatan permintaan,” kata Dede saat berdialog dalam acara Aspirasi pagi di RRI Sintang, rabu (28/7/2021)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Sintang Kurniawan menyatakan, Pandemi ini mengharuskan masyarakat beradaptasi, kemampuan adaptasi ini menjadikan  peluang besar untuk bisnis berbasis digital saat ini.

Menurutnya, Peningkatan penggunaan Handphone saja di Sintang saat ini lebih dari 50 persen, Masyarakat Sintang saat ini, kata Kurniawan sudah 70 prersen menggunakan handphone artinya setiap 10 orang ada 7 orang yang menggunakan handphone,baik smart phone maupun handpone biasa.

“Pada kondisi sekarang Peningkatan penggunaan Handphone berbasis internet ini meningkat 3 kali lipat, ini merupakan pangsa pasar besar untuk bisnis berbasis digital, maka kementrian kominfo saat ini melakukan peningkatan kapasitas litrasi digital pada masyarakat,” kata Kurniawan.

Harapanya, dengan memberikan perbagai pelatihan literasi digital ini, masyarakat lebih cerdas menggunakan media internet untuk hal yang bernilai positif. Masyarakat juga diingatkan untuk berhati-hati dalam penggunaan berbagai media social agar tidak menjeratnya dalam kasus hukum.

“ Penggunaan media digital yang salah dapat dijerat dengan tuntutan perdata maupun pidana,” tandas Kurniawan. (fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00