Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang Apresiasi LPM Peduli Sampah

KBRN, Sintang: Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang mendukung pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) bekerjasama dengan pihak Kelurahan dan Kecamatan bergerak dalam bidang pengangkutan sampah secara jemput bola ke rumah warga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang Edy Harmaini mengatakan pihaknya mendorong agar setiap kelurahan ada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, sosialisasi telah dilakukan dan Lounching akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Ada beberapa keuntungan jika ini diterapkan diantaranya pemilahan, pertumbuhan ekonomi, meringankan petugas ketika mengangkut sampah, meningkatkan retribusi, umur TPA lebih panjang,” Kata Edy Harmaini, Minggu (7/3/2021).

Dikatakan Edy saat ini yang sudah melakukan pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat  adalah kelurahan Kapuas Kanan Hulu Sintang,  sampah yang terkumpul dipilah dan yang masih memungkinkan didaur ulang dapat dijual ke Bank sampah, sedangkan sampah organic memiliki nilai ekonomis digunakan untuk composting.

“Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang jika sudah lounching akan menyiapkan anggaran untuk areal TPS 3 R sebagai tempat penampungan sementara saat memilah sampah sampah warga yang berhasil dikumpulkan,” tambah Edy. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00