Belum Seluruh OPD di Sintang Terapkan Japung

KBRN, Sintang: Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumberdaya Manusia BKPSDM Kabupaten Sintang Palentinus mengatakan Penghapusan esselon III dan IV dilingkungan pemerintah kabupaten Sintang  belum  seluruh OPD mengingat masih berpatokan pada beberapa kementerian.

“Berdasarkan Menpan seluruh Eselon III dan IV sudah harus diIsi pejabat fungsional (Japung) namun di kabupaten Sintang masih mengikuti kementrerian dalam negeri,” katanya, minggu (27/12/2020).

Saat ini di Menpan jabatan structural berubah menjadi jabatan fungsional, dengan penamaan yang berbeda namun di kabupaten Sintang masih focus pada pelayanan public seperti BPMTSP, Inspektorat, Kependudukan, ia mengatakan secara perlahan jabatan eselon IV dan III akan difungsionalkan.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan, di pemprov sudah dilakukan sejak awal januari 2020, Pejabat eselon III dan IV yang akan dihapuskan  berada dibeberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PSTP).

Menurut Suratmidji, Ini konsekuensi dari penilaian kinerja ASN yang tidak maksimal, terlalu birokratis. Akibatnya pemerintah memutuskan untuk menghilangkan mata rantai. Tujuan menghapus eselon III dan IV memotong mata rantai birokrasi.

Midji meminta eselon III dan IV bersiap-siap dievaluasi. Meski tak semua dihapus, tapi ia memastikan 75 persen eselon IV akan hilang.  (fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00