Banjir Surut, Aktivitas Masyarakat Sintang Kembali Normal

KBRN, Sintang: Banjir yang merendam sejumlah titik di Kecamatan Sintang Kalimantan Barat berangsur surut salah satunya di delapan RT yang berada di Kelurahan Kapuas Kiri Hulu Sintang.

Salah satu warga Kapuas Kiri Hulu Sintang Yati mengatakan saat ini banjir dengan ketinggian sekitar setengah meter masih dapat dilalui sehingga tidak menghambat aktivitas warga, sebelumnya delapan RT di Kapuas Kiri Hulu Sintang tergenang banjir dengan ketinggian air sekitar satu meter.

“Lokasi banjir yang sempat tinggi di delapan RT disini sudah mulai surut, sudah dapat dilintasi, paling sekitar setengah meter lah ini,”Kata Yati, Rabu (2/12/2020).

Sementara itu di Kelurahan Ladang Kecamatan Sintang air telah kembali surut yang sebelumnya puluhan rumah terendam banjir dengan ketingian air sekitar setengah meter selama sepekan.

Lurah Kelurahan Ladang Syamsul Bachri mengatakan masyarakat dikelurahan ladang sudah terbiasa dengan banjir pasang yang terjadi setiap tahun ketika curah hujan tingi,sehingga masyarakat telah siap menghadapi banjir musiman.

“Sekarang semuanya sudah surut, masyarakat disini sudah terbiasa dengan banjir musiman setiap tahun, jadi mereka sudah melakukan antisipasi sebelumnya,”Kata Syamsul Bachri.

Menanggapi hal tersebut Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Sugianto mengatakan tim unit reaksi cepat BPBD melakukan tinjauan ke sejumlah titik banjir di beberapa Kecamatan, saat ini kondisi debit air berangsur surut.

“ada beberapa Kecamatan yang terendam banjir Selain Kecamatan Sintang, juga Kecamatan Kayan Hilir, Ketungau Hilir, Sepauk dan Kecamatan Dedai,” Kata Sugianto.

Dikatakan Sugianto Beberapa titik di Kecamatan Sintang seperti di Desa Sungai Ana, kelurahan Ladang, kelurahan Kapuas kanan hilir, kelurahan Kapuas kanan hulu, ulak jaya dan menteng banjir surut dan sudah dapat dilalui. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00