Akibat Longsor, Ruas Jalan Nasional Penghubung Pontianak-Putussibau di Sulang Kabupaten Kapuas Hulu Nyaris Putus

KBRN, Kapuas Hulu : Ruas jalan Nasional Penghubung Pontianak-Putussibau di Sulang Kabupaten Kapuas Hulu nyaris putus akibat longsor yang terjadi pada, Kamis (26/11/2020).

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Kapuas Hulu Syahbudin, S.E, M.Si mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari pihak kecamatan dan melaporkan kepada provinsi karena ruas jalan tersebut merupakan wewenang pemerintah pusat bukan pemerintah daerah.

“Saat ini sudah terpasang baliho peringatan dan police line di ruas jalan area longsor oleh pihak Kepolisian agar  masyarakat yang melintasi ruas jalan tersebut selalu berhati-hati dan waspada,” Katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu Muhammad Khabri mengatakan pihaknya akan menyurati langsung Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) agar longsor di jalan nasional tersebut segera ditangani.

“Setidaknya penanganan sementara karena apabila tidak segera ditangani kondisi longsor semakin parah dan mengancam keselamatan pengguna jalan dan dikahwatirkan akses transportasi Pontianak-Putusibau atau sebaliknya terputus,” Ujarnya.  

Kecamatan Pengkadan merupakan salah satu Kecamatan yang masuk pemetaan daerah rawan Longsor di Kabupaten Kapuas Hulu, sebelumnya pada 17 desember 2019 lalu juga telah terjadi longsor di ruas jalan penghubung Pontianak-Putussibau di dusun Sulang  tersebut. (Yos/Tim)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00