Curah Hujan Tinggi, Sintang Waspada Banjir

KBRN, Sintang: Tingginya curah hujan di perhuluan kota Sintang Kalimantan Barat dalam sepekan terakhir  menyebabkan debit air Sungai Kayan mulai tinggi.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Sadikin mengatakan belajar dari pengalaman banjir tinggi terjadi beberapa bulan lalu yang sempat melumpuhkan perekonomian warga terdampak, kini warga lebih meningkatkan kewaspadaan kenaikan debit air Sungai.

“Debit air Sungai Kayan ini sudah mulai tinggi namun belum mencapai jalan dan pemukiman warga, melihat kondisi hujan masih terjadi maka kami minta seluruh warga Kayan Hilir tetap selalu waspada,” Kata Sadikin, Rabu (25/11/2020).

Menanggapi hal ini Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Sugianto mengingatkan kepada masyarakat di 14 Kecamatan 391 Desa di Kabupaten Sintang untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat intensitas curah hujan cukup tinggi, orang tua yang memiliki balita harus mengawasi putra/inya sebab warga pemukiman di bantaran sungai terbiasa dengan pasang surut air.   

“Berkaitan dengan SK siaga darurat banjir, kami dari BPBD menghimbau kepada masyarakat luas, dalam menghadapi musim penghujan kita harus waspada terhadap bencana alam banjir, laporkan segera ke pihak Desa, atau Camat atau langsung ke BPBD Sintang jika ada pemukiman warga di Kabupaten Sintang ini ada yang sudah terendam banjir,” Kata Sugianto.

Dikatakan Sugianto mulai saat ini warga terutama pemukiman di bantaran aliran Sungai agar persiapkan sesuatu yang mungkin terjadi berkaitan banjir karena luapan air Sungai bisa terjadi kapan saja baik siang maupun malam hari. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00