Tersisa 54 Desa di Kabupaten Sintang Masih Berada Dalam Kawasan Hutan Lindung

KBRN, Sintang: Tercatat 54 Desa di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat masih berada dalam kawasan hutan lindung, kondisi ini menyebabkan sulitnya masyarakat setempat memperoleh sertifikasi tanah.

Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sintang H. Hendri Harahap menjelaskan sebelumnya terdata sebanyak seratus Desa yang berada dalam kawasan hutan Lindung, saat ini tersisa 54 desa, namun telah diajukan ke kementerian Agraria dan Tata Ruang dan Kementerian Kehutanan agar segera dikeluarkan dari kawasan Hutan.

“54 Desa yang masih tersisa ini telah kami ajukan dari tiga bulan lalu, Kementerian memahami selanjutnya segera di proses, namun titik koordinat desa tersebut harus jelas,” Kata hendri Harahap, Rabu (18/11/2020).

Dikatakan Hendri Harahap, hampir semua Kecamatan Kabupaten Sintang terdapat hutan lindung ada diantaranya pedalaman Kecamatan Kayan Hulu, ada Jalur Sungai di Kecamatan Ketungau Tengah dan Kecamatan Ketungau Hilir ada dua Desa.

“Kami mohon kepada masyarakat agar tetap tenang setelah mengetahui bahwa lokasinya berada dalam kawasan hutan lindung karena Pemerintah segera mengatasi permasalahan ini, yang tau lokasi kawasan hutan lindung kan pemerintah,”tambah Hendri Harahap.

Hendri Harahap berharap pada 2021 mendatang tidak ada lagi Desa di Kabupaten yang berada dalam kawasan Hutan lindung sehingga pembangunan infrastruktur maupun sarana pedesaan sudah tidak ada kendala, selanjutnya desa tidak diperkenankan menjual lahan tersebut kepada pihak perkebunan. (Tin)  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00