Ditengah Pandemi Covid-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sintang Berikan Layanan Khusus

KBRN, Sintang: Upaya menarik minat baca literasi masyarakat ditengah pandemi covid-19 dengan partisipasi pengunjung yang menurun drastis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang selain membuka layanan di Perpustakaan juga melaksanakan Perpustakaan Keliling layanan khusus dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Ditemui RRI salah satu Pengunjung Perpustakaan Mira 14 Tahun mengatakan meskipun ditengah pandemi covid-19 Ia tetap memanfaatkan layanan literasi di perpustakaan untuk belajar di rumah.

“Saya berkunjung ke Perpustakaan biasanya karena kebutuhan buku untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah,”Kata Mira, Senin (19/10/2020).

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang Iwan Setiadi mengatakan pada dasarnya dengan kondisi seperti ini literasi digital sangat penting, namun hingga saat ini belum memiliki aplikasi yang dapat diinformasikan kepada masyarakat dalam bentuk perpustakaan digital.

“Perpustakaan digital yang disampaikan kepada masyarakat berupa informasi yang akses ke Perpustakaan Nasional dan itani berupa pemahaman kepada masyarakat tentang kegiatan pertanian dengan meminjamkan buku digital atau buku pertanian yang sifatnya dunia maya untuk akses ke itani tersebut,” Kata Iwan Setiadi.

Dikatakan Iwan Perpustakaan Digital untuk mengukur  minat baca hanya dapat dilakukan oleh Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Itani dibawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Tahun ini Kabupaten Sintang kembali mendapatkan bantuan Buku konvensional dan perangkat Komputer dari Perpustakaan Nasional yaitu Desa Sungai Pukat, Desa Tanjung Ria dan Desa Binjai Hilir,” Tambah Iwan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00