Rumah Betang Dusun Bulan Tinjo Terbakar, 342 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

KBRN, Kapuas Hulu : Kebakaran Rumah Betang Dusun Bulan Tinjo, Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat menyebabkan 342 jiwa warga Dusun Bulan Tinjo kehilangan tempat tinggal.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu Syahbudin, S.E, M.Si menjelaskan kebakaran menghanguskan 51 pintu rumah betang yang ditempati oleh 96 kepala keluarga dan 342 jiwa warga Dusun Bulan Tinjo.

“Tidak ada korban jiwa pada kebakaran tersebut, namun tidak ada satupun harta benda  yang bisa diselamatkan dan Pemkab Kapuas Hulu sudah membangun posko, namun para korban memilih mengungsi kerumah keluarga masing-masing, saat ini posko tersbut digunakan untuk menampung bantuan,” Katanya, Minggu (18/10/2020).

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Ade Hermanto menjelaskan kebakaran yang terjadi dirumah Betang Dusun Bulan Tinjo, Desa Sayut, Kecamatan Putussibau Selatan menyebabkan 100 orang korban kebakaran luka bakar ringan, tertusuk paku, terkena benda tajam, dan  keseleo.

“100 orang korban kebakaran yang tertusuk paku serta luka bakar karena menyelamatkan diri dan membantu tim pemadam kebakaran memadam api yang melahap rumah panjang tersebut, 10 orang dilakukan pengobatan saat terjadi kebakaran, 40 datang sendiri ke posko dan 50 kita masuk kerumah-rumah tempat mereka mengungsi,” Katanya saat dihubungi RRI.

Menurut Ade Hermanto saat peristiwa kebakaran, petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu langsung membangun posko yang dipusatkan di Poskesdes Dusun Bulan Tinjo dan posko tersebut akan dijaga oleh tenaga medis yang bertugas di Poskesdes dan Puskesmas Putussibau Selatan.

“Untuk memastikan kesehatan para korban kebakaran posko ini kami bangun sampai minggu depan dan tenaga medis akan tetap stand by di posko, sedangkan untuk tim dokter datang ke posko setiap pagi dan selain pengobatan kami juga memberikan makanan tambahan seperti biskuit kepada korban kebakaran,” Ujarnya.   Rumah Betang Dusun Bulan Tinjo, Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas terbakar  pada pukul 20.20 WIB Sabtu, (17/10/2020) malam dan hingga saat ini masih belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

Rumah Betang Dusun Bulan Tinjo, Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas terbakar  pada pukul 20.20 WIB Sabtu, (17/10/2020) malam dan hingga saat ini masih belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. (Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00