Kunjungi Sintang, Komisi II DPR RI Pantau Kesiapan Pilkada dan Penanganan Covid-19

KBRN, Sintang: Anggota DPR RI Drs. Cornelis, MH  meminta kepada Pjs Bupati Sintang dan anggota Forkopimda  agar selalu kompak dan bekerja keras mensukseskan seluruh tahapan pilkada Sintang, menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan melakukan langkah antisipasi bencana alam.

Hal tersebut dikatakan cornelis saat melakukan kunjungan kerja ke Sintang rabu, (15/10/2020) kemarin, seluruh masyarakat hendaknya membiasakan diri dengan new normal.

 “Saya ingin  memastikan  Kabupaten Sintang sudah siap melaksanakan Pilkada sesuai PKPU nomor 13 Tahun 2020 dengan mengedepankan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Seluruh penyelenggaran pemilu harus mengutamakan protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya

Penjabat Sementara Bupati Sintang Ir. Florentinus Anum Mengatakan pihaknya selalu mengingatan tim sukses agar melaksanakan kampanye dengan menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya Desk Pilkada juga sudah melakukan rapat dalam rangka membantu distribusi logistik yang akan banyak melalui jalur sungai.

“Soal pencegahan covid-19 saat pilkada, kami akan melakukan rapid tes kepada sekitar 13 ribu petugas TPS yang ada di Kabupaten Sintang menjelang hari pencoblosan nanti. Akan kami lakukan secara bertahap, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas. Kami ingin memastikan, seluruh petugas pilkada, harus dalam keadaan sehat dan bebas corona pada waktu pencoblosan,” katanya.

Menurut Anum, pemkab Sintang gencar memerangi hulunya dengan menegakan Perbup Nomor 60 Tahun 2020. Satgas rutin melakukan razia. Cluster penyebaran covid-19 selama ini berasal dari luar. Kasus konfirmasi meningkat karena  memang gencar melakukan pemeriksaan swab. Saat ini yang dirawat sudah mencapai 64 orang.

“Saya sudah meninjau rumah susun untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona, tetapi kita berdoa supaya jangan sampai diisi rusun tersebut. Tetapi kita harus melakukan persiapan. Kami bersama Forkopimda sangat kompak dalam menghadapi persoalan ini” terang Florentinus Anum. (fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00