Kembangan Perkebunan, Desa Ransidakan Menarik Perhatian Pengunjung

KBRN, Sintang: Perkebunan jambu Kristal dan belimbing di Desa Ransidakan Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang Kalimantan Barat menjadi kunjungan menarik warga dari Kabupaten Sintang dan sekitarnya.

Saat berkunjung di perkebunan ini General manager CV. Bumi Hijau Daun Sintang Hendri Kiswanto mengarahkan kepada pengelola kebun tentang pemberian nutrisi tanaman yang tepat sesuai jenis tanah dan tanaman.

“Kita melakukan kunjungan paling lama dua minggu sekali ke suatu wilayah untuk memantau perkembangan tanaman, salah satu pemahaman yang kami sampaikan adalah cara pemupukan yang benar, jangka waktu dan jenis pupuk sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanaman,” Kata Hendri Kiswanto, Rabu (14/10/2020).

Pemilik Perkebunan jambu Kristal dan belimbing di Desa Ransidakan Harun 57 tahun mengatakan setiap hari sabtu dan minggu kebun dengan luas hampir sepuluh hektar ini ramai dikunjungi warga, ada yang membeli buah-buahan, meminta bibit tanaman maupun hanya sekedar berfoto.

“Awalnya saya hanya mencoba menanam buah-buahan seperti jambu, belimbing, kelapa, kurma, salak dan lain-lain, ada lima belas jenis tanaman, sekedar menyalurkan bakat dengan memanfaatkan lahan yang ada sekaligus membuka peluang kerja bagi karyawan, namun sekarang menjadi lebih tertarik untuk dikembangkan karena memberikan penghasilan tambahan,”Kata Harun.

Dikatakan Harun Perkebunan jambu Kristal dan belimbing yang ia kembangkan saat ini didasari dari pengalaman ketika berkunjung ke perkebunan yang ada di pulau jawa selanjutnya ia terapkan di Pulau Kalimantan khususnya Kabupaten Sintang. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00