Pantau Debit Air Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, BPBD Sintang Ajak Warga Tetap Waspada

KBRN, Sintang:  Baru beberapa hari debit air di sebagian besar Wilayah Kabupaten Sintang Kalimantan Barat surut setelah tergenang banjir antara setengah hingga dua meter selama kurang lebih satu mingggu, kini beberapa Kecamatan debit air terlihat mulai tinggi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sintang Sugianto mengatakan hasil monitoring yang dilakukan BPBD hari ini beberapa titik di Kabupaten Sintang khususnya daerah bantaran aliran sungai debit air terlihat mulai tinggi seperti di Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang, Kecamatan Serawai dan Ketungau.

“Kecamatan Kayan Hulu kemarin sempat tinggi lagi debit air namun mulai tadi malam surut dan saat ini sudah surut, untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat terutama tiga Kecamatan ini agar lebih waspada terhadap pasang surut air, segera laporkan ke Camat jika kondisi air semakin tinggi,”Kata Sugianto, Rabu (23/9/2020).

Sementara itu Camat Sintang Siti Musrikah mengatakan sebagian besar banjir di Kecamatan Sintang sudah surut namun masyarakat tetap harus waspada karena Kabupaten lain di perhuluan Sintang setelah surut beberapa hari lalu sempat kembali banjir dan ini tentunya berpengaruh terhadap debit air Sungai di Daerah bagian Hilir.

“Saya harap masyarakat tetap waspada karena curah hujan cukup tinggi, selain itu menjaga kesehatan anggota keluarga juga merupakan hal yang sangat penting,” Kata Siti Musrikah.

Dikatakan Siti pasca banjir masyarakat diharapkan menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit dampak banjir,  meskipun sudah surut namun melihat kondisi hujan masih cukup tinggi maka masyarakat harus tetap waspada terlebih bangunan rumah di bantaran aliran Sungai. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00