Banjir Merendam Delapan Kecamatan di Kabupaten Sintang Hari Ini Mulai Surut, Aktivitas Kembali Normal

KBRN, Sintang: Banjir yang merendam delapan Kecamatan di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat telah berangsur surut, aktivitas sebagian besar masyarakat terdampak banjir beberapa hari lalu mulai kembali normal.

Ketua RT.03 Desa Sungai Ana Kecamatan Sintang Kusno mengungkapkan rasa syukur warganya yang terdampak banjir kurang lebih satu minggu masih mampu bertahan ditengah keterbatasan ekonomi sebab selama banjir tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa dalam menafkahi anggota keluarga bahkan ada yang harus mengungsi ke rumah sanak saudara.

“Selama banjir besar kemarin warga RT.03 Desa Sungai Ana Kecamatan Sintang belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah maupun pihak lain,” Kata Kusno, Minggu (20/9/2020).

Camat Sintang Siti Musrikah sangat menyayangkan kurangnya koordinasi dari para donatur yang memiliki itikad baik dalam meringankan ekonomi warga terdampak banjir di kecamatan Sintang dengan menyalurkan sejumlah bantuan.

Menurut Siti Musrikah jika para donatur menyampaikan laporan ke Camat Sintang, maka penyerahan bantuan dapat tepat sasaran dan merata, diakui Siti bagi donatur yang tidak menginformasikan ke Camat Sintang, terjadi penyerahan bantuan yang tidak merata di Kecamatan Sintang, ada yang mendapatkan bantuan ganda namun masih ada yang belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan, sebab jumlah anggaran dari donatur yang terkumpul di Kantor Kecamatan Sintang sangat terbatas dibandingkan jumlah warga terdampak.

“Kami sangat bersyukur masyarakat Sintang memiliki rasa peduli kepada sesama, mereka menyalurkan secara langsung sangat baik, hanya saja kami mohon diinformasikan kepada kami mereka menyalurkan ke Desa mana sehingga bantuan yang ada di kami dapat disalurkan kepada yang belum mendapatkan,tentunya bantuan yang ada kami salurkan terlebih dahulu kepada warga terdampak terparah dengan kriteria keluarga kurang mampu, bangunan rumah terbuat dari papan atau kayu dan terendam tinggi” Kata Siti Musrikah.

Hari ini Camat Sintang membagikan sebanyak lima ratus nasi bungkus ke dua lokasi di Kecamatan Sintang dan penyerahan bantuan sebanyak satu ton beras yang dipaketkan dalam dua ratus paket juga disalurkan ke beberapa titik pemukiman warga terdampak banjir di kecamatan Sintang. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00