Ribuan Rumah Warga di Kabupaten Melawi Terendam Banjir

KBRN Melawi :  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten  Melawi Kalimantan Barat mendata  wilayah yang terdampak banjir dikabupaten Melawi  pada September 2020 ini . Nanga Pinoh dan Kecamatan Tanah Pinoh menjadi wilayah dengan jiwa terbanyak terdampak banjir.

Kepala BPBD Melawi, Syafarudin mengatakan  dari data yang dihimpun BPBD, banjir telah melanda seluruh kecamatan di Kabupaten Melawi.

“Sebelas Kecamatan seluruhnya terkena banjir. Ada 20.460 rumah yang terendam banjir,” katanya. Rabu ( 16/9/2020).

Syafarudin menjelaskan  secara total ada 22.072 KK atau 88 ribu lebih jiwa yang terdampak. Banjir juga merendam 196 fasilitas umum, termasuk sekolah, unit perkantoran dan berbagai fasilitas lainnya.

“Di Nanga Pinoh ada 4.009 unit rumah yang terendam banjir. Sementara di Tanah Pinoh ada 3.570 rumah. Banjir kali ini merata,” katanya.

BPBD pun telah membentuk posko peduli bencana di beberapa titik, termasuk kantor BPBD. Salah satunya di Gedung Serbaguna yang juga difungsikan sebagai tempat pengungsian korban banjir.

“Ada juga posko swadaya lain yang dibentuk oleh kelompok masyarakat secara swadaya,” ujarnya.

Sementara Itu, Paur Humas Polres Melawi  Bripka Arbain mengatakan  pihaknya Juga telah menyiapkan Posko banjir bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabuapaten Melawi.selain itu juga mendistribusikan bantuan sembako pada warga .

Bripka Arbain meminta warga untuk menjaga keselamatan  keluarga dan harta benda yang berharga karena dampak banjir ini . ( Ram).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00