Dampak Banjir, Satu Rumah warga di Kecamatan Sintang Kalbar Roboh

KBRN, Sintang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang sudah mulai mendistribusikan bantuan logistik kepada korban bencana alam banjir di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Bernard Saragih mengatakan pihaknya memerlukan data akurat dari masing-masing Camat khususnya Kecamatan yang terdampak banjir, sedangkan pendistribusian logistik diprioritaskan pengiriman tercepat kepada Wilayah banjir terparah.

“Beberapa Kecamatan airnya sudah tinggi, hujan deras air turun dari bukit menggenangi daerah dataran rendah, untuk data masyarakat terdampak banjir, hinga hari ini kami belum menerima secara lengkap dari Kepala Desa atau Camat,”Kata Bernard Saragih, Selasa (15/9/2020).  

Kondisi bencana alam banjir yang terjadi di Kecamatan Sintang dengan lokasi yang tidak jauh dari Pusat Kota Justru dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat untuk belajar berenang, salah satunya di Desa Sungai Ana Kecamatan Sintang.

Menurut Salah satu warga Desa Sungai Ana Sintang Yanti 30 tahun mengatakan ketika sore hari masyarakat di sekitar datang membawa keluarga belajar renang, kondisi air yang tidak terlalu dalam kerap kali dijadikan masyarakat sebagai area rekreasi ketika sore hari.

“Kalau dah sore depan rumah saya ini ramai...mereka dari BTN belakang turun membawa keluarganya ada yang asik main air, mandi dan ada juga yang belajar renang,”Kata Yanti.

Mananggapi hal tersebut, Camat Sintang Siti Musrikah mengatakan banjir yang terjadi setiap tahun di beberapa titik di Kota Sintang ada beberapa lokasi menjadi budaya masyarakat untuk belajar renang, namun orang tua tetap dihimbau agar lebih berhati-hati menjaga putra/inya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Banjir ini merupakan hal biasa bagi warga yang berada di bantaran Sungai, tidak sedikit mereka memanfaatkannya sebagai arena bermain, namun kami tetap menghimbau untuk selalu waspada,”Kata Siti Musrikah.

Dampak banjir di Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang Kalimantan Barat  kata Siti Musrikah satu rumah warga di RT. 17 Kelurahan Kapuas Kanan Hilir roboh karena bencana alam banjir. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00