Banjir Rendam Desa Kenyauk Hilir Kecamatan Sapauk, Warga Tetap Beraktivitas

KBRN, Sintang: Masyarakat di Desa Kenyauk Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang Kalimantan Barat mengeluhkan kesulitan beraktivitas selama banjir yang menggenangi pemukiman warga mencapai satu hingga satu setengah meter.

Salah satu Masyarakat Desa Kenyauk Hilir Kecamatan Sepauk Imas dihubungi RRI melalui sambungan telpon mengatakan mayoritas masyarakat di Desa ini mata pencarian sebagai petani karet, meskipun kondisi banjir, masih ada masyarakat tetap menyadap karet ditengah kondisi banjir dengan menggunakan sampan.

“Sekitar tiga puluh rumah warga terendam banjir, Melintas banjir kami harus membayar sebesar sepuluh ribu dan motor lima belas ribu rupiah, saat ini kami sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah,” Kata Imas, , Senin (14/9/2020).

Menanggapi hal tersebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Bernard Saragih mengatakan pihaknya telah melakukan tinjauan lapangan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan sejumlah paket bantuan kepada warga terdampak banjir yang siap didistribusikan, bantuan ini guna meringankan beban ekonomi masyarakat ditengah bencana alam banjir.

“Kita sudah menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, lakukan persiapan untuk mengungsi ke Daerah yang lebih tinggi mengingat kondisi air masih naik, sedangkan bantuan logistik sudah kami siapkan untuk didistribusikan ke Kecamatan Sintang dan Sepauk untuk tahap ini,” Kata Bernard Saragih.

Dikatakan Bernard Saragih saat ini rata-rata Kecamatan yang wilayahnya berada dibantaran Sungai sudah terendam banjir diantaranya Kecamatan Sintang, Sepauk, Serawai, Dedai, Kayan Hilir dan beberapa Kecamatan lainnya, namun tidak ada kejadian banjir bandang di Wilayah Kabupaten Sintang, banjir bandang memang pernah terjadi sekitar dua bulan yang lalu di Kecamatan Kayan Hulu. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00