Banjir di Kapuas Hulu Rendam Jaringan, PLN Padamkan Listrik

KBRN, Kapuas Hulu : Aktivitas masyarakat di sejumlah wilayah kabupaten Kapuas Hulu lumpuh total akibat banjir dengan kedalaman hingga 3 meter merendam beberapa wilayah setempat,  bahkan pihak PLN terpaksa memadamkan listrik karena kabel mesin pembangkit listrik tenaga disel (PLTD) juga terendam air.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kapuas Hulu M. Hatta menjelaskan beberapa kecamatan yang terdampak banjir di wilayah Kapuas Hulu yakni hampir seluruh wilayah di Kecamatan Putussibau Utara dan Putusibau Selatan, Bika, Kalis, Embaloh Hilir, Suhaid, Mentebah, Bunut Hulu, Bunut Hilir, dan Embaloh Hulu.

“Pihak PLN Kapuas Hulu juga terpaksa memadamkan listrik diseluruh wilayah Kapuas Hulu sejak 13 september 2020 malam karena debit air semakin  naik hingga merendam kabel mesin Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD),” Katanya, Senin (14/9/2020).

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan menjelaskan pihak BPBD melakukan evakuasi masyarakat yang memiliki riwayat penyakit ke rumah sakit daerah setmpat dan melakukan evakuasi  kendaraan warga yang melintasi karena sejumlah ruas jalan di kota Putussibau dan beberapa kecamatan belum bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Hingga saat ini belum ada laporan masyarakat yang mengungsi walaupun kedalaman air mencapai hingga 3 meter karena rata-rata rumah warga diwilayah setempat merupakan rumah panggung dan adapun warga mengungsi hanya mengungsi ke rumah keluarga yang berada didataran tinggi,” Ujarnya.

Menurut Gunawan pihaknya telah menyiapakan pengungsian bagi warga yang terdampak banjir karena itu ia meminta masyarakat setempat segera melaporkan ke BPBD Kapuas Hulu apabila memerlukan bantuan agar segera ditangani. (Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00