Curah Hujan Tinggi, Beberapa Desa di Kayan Hilir Terendam Banjir

KBRN, Sintang: Tingginya intensitas curah hujan dalam beberapa hari terakhir di perhuluan Kabupaten Sintang Kalimantan Barat menyebabkan beberapa Desa di Kecamatan Kayan Hilir masih terendam banjir.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Kayan Hilir Sadikin mengatakan luapan Sungai Inggar beberapa hari lalu sempat menggenangi pemukiman warga di bantaran Sungai, sedangkan Sungai Kayan juga sempat pasang, kini telah kembali normal, meskipun banjir biasanya berlangsung hanya dalam beberapa jam, namun masyarakat saat ini lebih waspada dengan pasang surut air aliran dua Sungai ini.

“Ada beberapa tempat yang masih tergenang banjir diantaranya Desa Melingkat dan sempat raya, kami selalu mengingatkan masyarakat tetap waspada dengan kondisi banjir,”kata Sadikin, Rabu (9/9/2020).

Sementara itu Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Sugianto mengatakan pihaknya telah melakukan peninjauan ke Daerah terdampak banjir di Kayan Hulu dan Kayan Hilir serta meninjau kerusakan infrastruktur jembatan akibat tan ah longsor Kecamatan Kayan Hulu.

“Untuk Kayan Hilir, air sudah mulai surut, tidak ada korban jiwa dalam bencana alam banjir, di Nanga Tikan yang daerahnya dataran rendah ini juga banjir,”Kata Sugianto.

Dikatakan Sugianto selain melakukan peninjauan warga terdampak banjir, kerusakan Infrastruktur, pihaknya juga menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga yang rumahnya terbakar di Kecamatan Kayan Hulu.

“Bantuan kami berikan kepada warga yang rumahnya terbakar beberapa hari lalu, tidak ada satupun barang yang sempat diselamatkan,” tambah Sugianto. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00