Dinkes Sintang Gencar Lakukan Penelusuran Covid-19 Di Instansi Layanan Publik

KBRN, Sintang: Setelah memiliki Mobil PCR  (polymerase chain reactio) Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang gencar melakukan rapid test dan Swab sejumlah kantor layanan publik dan sekolah untuk melakukan tracing penyebaran Covid-19 di Sintang.

Humas Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Iwan Purwanto mengatakan terakhir pihaknya telah melakukan rapid test pada 609 santri Pondok pesantren Al-Iman di Sungai Tebelian yang akan dilanjutkan kepada 52 ustadz.

“ Hari ini kita menjadwalkan, KPP Pratama Sintang, SMA 1, SMK1. Sesuai intruksi gubernur sebelum dilaksanakanya belajar tatap muka, kemarin kita sudah melakukan rapid test kepada 609 santi di Ponpes Al-Iman Tebelian,” ungkapnya, selasa (4/7/2020).

Dipilihnya KPP Pratama. menurut Iwan Purwanto merupakan layanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk itu pihaknya ingin melihat sejauh mana penyebaran virus corona di ruang layanan publik.

“Dengan melakukan Tracing cepat kita akan mudah melakukan tindakan lanjutan,” tambahnya.

Iwan juga mengatakan rapid test akan dilanjurtkan pada Instansi layanan publik lainya, namun pelaksanaanya bertahap mengingat peralatan mobil PCR ini baru. Dalam satu jam Mobil PCR ini dapat melakukan pembacaan 16 sample dari dua alat yang ada.

“ Dengan dua alat tersebut maka dalam satu hari 10 jam kerja mampu melakukan pembacaan sample 160, ini juga kalau tidak ada kendala tiknis,” Tutupnya. (fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00