Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sintang Lakukan Pertemuan

KBRN, Sintang: Meningkatkan Minat Baca masyarakat Kabupaten Sintang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melakukan pertemuan bersama stakeholder terkait menyampaikan pemaparan kegiatan pembudayaan kegemaran membaca dan pengembangan literasi berbasis inklusi sosial di Kabupaten Sintang, Rabu (29/7/2020)

Dalam pertemuan ini dikatahui bahwa masih rendahnya minat bacaliterasi masyarakat, saat ini peran perpustakaan sangat diharapkan dalam mendukung kegiatan belajar anak ditengah pandemi covid-19 melalui perpustakaan digital.

Sekretaris Camat Kecamatan Tempunak Mariono menyampaikan ketersediaan literatur di suatu Daerah harus disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan kebutuhan masyarakat agar ketersediaan buku bacaan pemanfaatannya tepat sasaran.

“Pemerintahan  Desa sangat antusias mebentuk Perpustakaan Desa, namun kenyataannya jumlah kunjungan ke Perpustakaan sangat minim,” Kata Mariono.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang Iwan Setiadi mengatakan pihaknya melakukan monitoring kegiatan perputakaan Desa, diakui Iwan memang ada beberapa Perpustakaan Desa yang tidak aktif, pihaknya terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan minat baca baik melalui perpustakaan keliling maupun perpustakaan digital yang dapat diakses melalui handpon android.

“Tentu dengan pertemuan ini kita meningkatkan sinergi kita dalam meningkatkan kualitas minat baca di Kabupaten Sintang, kritik dan saran kami terima sebagai evaluasi dan perencanaan pengembangan perpustakaan,” Kata Iwan Setiadi.

Dikatakan Iwan, pihaknya akan mengajukan untuk membuat peraturan Bupati Sintang tentang kemitraan Perpustakaan dalam pengembanganliterasi berbasis inklusi sosialdan membentuk tim sinergi Kabupaten mengenai pengembangan literasi berbasis inklusi sosial.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00