Serangan Hama Tanaman, Petani Kayan Hilir Sintang Kembali Alami Kerugian

KBRN, Sintang: Pasca banjir yang merendam sejumlah Desa di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Kalimantan Barat dan menyebabkan belasan hektar sawah gagal panen, kini tanaman padi warga di Desa Mekar Mandiri Kecamatan Kayan Hilir diserang tikus dan hama tanaman.

Kasi Pemerintahan Desa Mekar Mandiri Kecamatan Kayan Hilir Aloysius mengatakan petani saat ini mengalami kerugian akibat gagal panen, tanaman padi yang masih tersisa dampak banjir beberapa waktu lalu, kini justru diserang tikus dan walang sangit.

“Kerusakan padi di Desa mekar mandiri akibat serangan tikus dan walang sangit cukup luas sehingga kami sebagai petani ini mengalami kerugian,” Kata Aloysius, Rabu (29/7/2020).

Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Kayan Hilir Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Yuliana Kartini membenarkan adanya serangan tikus dua hektar lahan pertanian dan enam hektar serangan walang sangit mengakibatkan petani mengalami kerugian.

“Kami sudah melakukan upaya pengendalian hama penyakit tanaman, tapi ada satu petani tidak melakukan penyemprotan cairan racun hama tanaman secara bersamaan, jadi upaya yang kami lakukan belum maksimal,” Kata Yuliana Kartini.

Mengatasi hal ini Kata Yuliana telah dilakukan penyemprotan cairan racun jenis dangke ke area persawahan yang terserang hama, namun sangat disayangkan ada satu lahan pertanian tidak melakukan penyemprotan sehingga dikhawatirkan hama tanaman beralih ke lahan yang tidak dilakukan penyemprotan hama tanaman.

“Bagian Pengendalian hama penyakit Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang akan melakukan tinjauan lapangan, selanjutnya akan dicarikan solusi,” tambah Yuliana. (Tin).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00