14 Rumah Warga di Kayan Hulu Hanyut Terseret Banjir

KBRN, Sintang : Belasan rumah warga di kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang hanyut terseret derasnya air banjir dengan ketinggian 7 meter akibat tingginya intensitas curah hujan di wilayah setempat pada satu pekan terakhir.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Sugianto menjelaskan banjir telah merendam permukiman warga pada 3 hari terakhir dengan kedalaman air 3 sampai 7 meter, tidak ada korban jiwa pada banjir tersebut, namun 14 rumah warga di 16 desa yang terdampak banjir hanyut terbawa derasnya air.

Menurutnya 3 rumah warga diantaranya hanyut akibat terhantam jembatan gantung di desa Lintang Tambuk yang juga putus akibat derasnya aliran air sungai.

 “Banjir ini telah merendam permukiman warga 3 hari terakhir di 16 desa diantaranya desa Nanga Tebidah, Desa Landau Bara, Desa Entogong, Desa Topan Nanga, Desa Empakan, Desa Lintang Tambuk, Desa Tanah Merah, Desa Tanjung Bunga, Desa Empoyang, Desa Nanga Payak, Desa Tanjau Lalau dan Desa Nanga Oran dengan rata-rata ketinggian air untuk dijalan raya 3 meter sampai 3 setengah meter, kalau untuk didataran rendah rata-ata 5 sampai 7 meter ,” katanya, Minggu (12/7/2020).

Sugianto mengatakan saat ini terdapat tiga tempat pengungsian warga yang terdampak yakni di gedung PNPM, halaman sekolah SMPN 1 Nanga Tebidah dan  SDN 1 Nanga Tebidah sedangkan untuk makanan dari BPBD akan segara  mendistribusikan 50 karung beras, 30 dus mie instan 150 kaleng sarden dan 6 dus minyak goreng namun terkendala karena jalur darat di kecamatan Kayan Hilir yang juga lumpuh akibat banjir.

“Kami akan langsung kirim bantuan makanan, tapi ini terkendala karena di Nanga Mau Kayan Hilir juga banjir, tapi kami lagi koordinasi dengan Camat Kayan Hulu bagaimana cara agar makanan segera tersedia karena kalau dari Sintang jalur air pun tidak bisa dilewati jadi nanti kita cari toko atau warung yang masih buka diwilayah sana,” Ujarnya.

Sugianto juga menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati serta segera melaporkan kepada BPBD Kabupaten Sintang bila terjadi bencana melalui Kepala desa dan Camat di wilayah masing-masing  (Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00