Miliki Tim Tanggap Bencana, Dinkes Sintang Gelar Simulasi Karhutla

KBRN, Sintang: Upaya penanggulangan krisis kesehatan terhadap korban kebakaran hutan dan lahan (karhutla),  Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang melibatkan tim dari pusat krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pusat pendidikan angkatan darat, rumah Sakit persahabatan dan Dinas Kesehatan provinsi Kalimantan Barat menggelar simulasi karhutla di ex bandara Susilo Sintang, Kamis (31/10/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Hary Sintolinoh mengatakan kegiatan ini sebagai persiapan jika Kabupaten Sintang mengalami krisis kesehatan akibat musibah bencana alam salah satunya kebakaran hutan, maka Dinas Kesehatan telah memiliki tim yang solid.

“Tim ini gabungan dari Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Sosial, BASARNAS dan RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang”. Kata dr. Hary Sintolinoh.

Dinas Kesehatan dalam mengatasi krisis kesehatan pada korban kebakaran hutan dan lahan menyiapkan posko kesehatan, ruang laktasi khusus untuk ibu menyusui, ruang penanganan jika ada kasus kecelakaan yang memerlukan penanganan lebih lanjut rujukan ke rumah sakit.

“Sedangkan tim pemadam kebakaran, mereka harus dalam kondisi kesehatan yang baik, menggunakan tabung oksigen dan dilengkapi dengan masker”. Tambah dr. Sinto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00