P4S Pelita Jerora Sintang Menjadi Pemenang Lomba Masak Makanan Lokal Sintang

KBRN, Sintang: Pusat pelatihan pertanian pedesaan swadaya (P4S) Pelita Jerora Sintang berhasil sebagai pemenang juara satu lomba masak makanan berbahan lokal jawawut (jawak) yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang di Gedung Pancasila Sintang, Kamis (15/08/2019).

Juara dua dharmawanita Kabupaten Sintang, juara umum ketiga Kecamatan kelam Permai, juara harapan penyuluh perikanan kabupaten Sintang,  pemenang menu krativitas dan kreasi dari kecamatan Dedai dan Pemenang Menu favorit dengan kue cengkarok dari olahan jawawut diraih oleh dharmawanita Kabupaten Sintang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang Ir. H. Zulkarnaen, M.Si mengatakan lomba masak makanan berbahan dasar jawawut untuk ekspose makanan lokal yang belum dikenal masyarakat luas dan eksplorasi tanaman jawak dalam berbagai macam bentuk olahan makanan ringan.

“Kegiatan ini guna mengangkat potensi pangan lokal menjadi makanan pokok, tanaman jajawut ini kandungan gizi yang lebih tinggi dari tanaman padi”. Kata Zulkarnaen.

Sementara itu asisten dua bidang perekonomian dan pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang H. Henri Harahap mengatakan pangan merupakan kebutuhan pokok manusia, ketersediaan pangan harus dapat tercukupi oleh masing-masing Wilayah sehingga akan tercipta adanya katahanan pangan bagi wilayah tersebut.

 “Kabupaten Sintang dalam memenuhi kebutuhan tentang ketersediaan pagan telah menyikapinya dengan beberapa program tanaman pangan”. Kata H. Henri Harahap.

Perlombaan diikuti lima belas kelompok peserta, Juara satu mendapatkan uang tunai sebesar sepuluh juta rupiah, juara dua tujuh juta lima ratus ribu rupiah, juara tiga lima juta rupiah, juara favorit satu juta lima ratus ribu rupiah dan masing-masing pemenang mendapatkan piala dan sertifikat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00