Lapas Sintang Laksanakan Program Asimilasi

KBRN, Sintang : Lapas Sintang melaksanakan Program Pembinaan Asimilasi bagi warga binaan lapas. Kegiatan Pembinaan ini dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan, pada hari Senin dan Sabtu setiap minggunya. Total Narapidana yang mengikuti pembinaan rohani ini sebanyak 35 orang.

Kepala Lapas Sintang Syech Walid mengatakan mereka yang mengikuti program asimilasi mendapatkan bimbingan dan  pembinaan  dari berbagai LSM, intansi terkait seperti MUI untuk yang muslim dan yang non muslim dari pengurus gereja atau pendeta yang bisa memberikan bimbingan keagamaan sesuai dengan agamanya masing-masing.

“Pihak Lapas Sintang telah melakukan MOU dengan MUI Kabupaten Sintang dan pengurus-pengurus gereja untuk memberikan bimbingan dan pembinaan kepada peserta yang mengikuti program tersebut,”ungkap Walid.

Program Pembinaan Asimasi diperuntukan bagai warga binaan lapas yang sudah memasuki atau mendekati waktu program integrasi  untuk mendapatkan pembebasan bersyarat.

Walid juga menjelaskan setelah mereka mengikuti kegiatan pembinaan, bimbingan  tersebut maka nanti mereka mendapatkan sertifikat atau surat keterangan bahwa mereka pernah mengikuti bimbingan keagamaan.

“Dan sertifikat tersebut nanti dilampirkan sebagai syarat  untuk mengikuti  program integrasi seperti pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas, cuti bersyarat maupun remisi.

Ia berharap kepada warga binaan yang mengikuti program asimilasi untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dengan tekun supaya bisa cepat bebas keluar bertemu dengan keluarga.(titik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar