Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang Dorong Peningkatan Produksi Lele

KBRN, Sintang : Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang mendorong peningkatan produksi budidaya ikan lele di Kabupaten Sintang. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang, Veronika Ancili. Menurutnya Kabupaten Sintang masih sangat membutuhkan pembudidaya perikanan termasuk ikan lele.

Selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, Voronika menyampaikan nilai ekonomis yang bisa didapatkan dari budidaya ikan lele juga sangat tinggi. Ia menyampaikan permintaan pasar terhadap produksi lele di Kabupaten Sintang masih cukup tinggi. Ia menjelaskan ikan lele memiliki beberapa turunan olahan diantaranya, pengolahan lele menjadi abon, kerupuk kulit lele dan kerupuk tulang lele.

“Kabupaten Sintang sudah ada UKM yang bisa pengolahan daging lele, jika sudah hari-hari besar luar biasa banyak permintaan. Dari ikan lele ini turnannya banyak, dari ikan segar kalau olahannya bisa abon lele, kerupuk kulit lele, kerupuk tulang lele. Itu semuanya bermanfaat untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi di tingkat rumah tangga,” tutur Veronika.

Veronika melanjutkan, pembudidayaan ikan lele dapat menggunakan teknologi bioflok yang peralatannya sudah cukup canggih atau bisa juga menggunakan sarana terpal untuk skala rumahan. Veronika memastikan selain untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga, ikan lele juga bisa menjadi peluang bisnis karena permintaan pasar terhadap produksi lele di Kabupaten Sintang masih cukup tinggi. (dby)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar