Kwarcab Sintang Menggelar Upacara HUT Pramuka Ke 61,Begini Pesan Dandim 1205 Sintang

KBRN, Sintang : Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang Menggelar upacara Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 di Lapangan Olahraga Kodim 1205 Sintang, Minggu  (14/8/2022).

Bertindak selaku pembina upacara Dandim 1205 Sintang Letkol Kukuh Suharwiyono dan diikuti anggota  pramuka dari tingkat sekolah dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Sintang.

Pembina Upacara HUT Pramuka  Dandim 1205 Sintang Letkol Kukuh Suharwiyono, dalam pidatonya membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Polisi (Purn.) Drs. Budi Waseso menyampaikan tema utama peringatan Hari Pramuka Ke 61 adalah ”Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan pramuka.

“Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita. Semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya,” ucapnya.

Usai upacara HUT Pramuka Letkol Kukuh, mengatakan pada RRI Sintang, gerakan pramuka merupakan gerakan yang positif mulai dari sekolah dasar, SMP, SMA, Perguruan Tinggi bahkan sampai dengan sudah bekerjapun gerakan pramuka memberikan kontribusi yang positif dalam pengembangan karakter dari anak-anak bangsa.

“Kami menghimbau anak-anak apabila ada kegiatan pramuka bisa bergabung, disitu bisa menumbuhkan rasa persaudaraan, gotong royong, kemudian tolong menolong itu yang sangat penting bagi generasi muda kita,” kata Dandim Sintang.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana HUT Pramuka ke-61 tahun 2022, Dra. Siti Musrikah,M.Si mengatakan kegiatan pramuka merupakan kegiatan positif, banyak ilmu dari berbagai hal seperti dari Saka-Saka yang ada di Kabupaten Sintang dari Pembina-Pembina Gudep dari semua kegiatan di pramuka adalah untuk mengasah keterampilan mereka.

“Saya kira anak-anak yang pernah bergabung di pramuka akan terampil, disiplin dan menghargai sesama, menghargai orang tua, tekun dan rajin belajar, tidak bisa dipungkiri karena memang mereka dilatih untuk itu,”ungkap Siti.

Siti juga berharap kedepan adik-adik pramuka  agar rajin ikut kegiatan di gudep  masing-masing dan menjadi anggota saka. Kata Siti, kegiatan pramuka sangat bermanfaat untuk pembentukan karakter, mental, moral, budi pekerti serta lebih mandiri.(titik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar