Dharma Wanita RRI Sintang Bersama Kain Pantang dan UMKM Kabupaten Sintang Prakarsai Gelaran Senentang Fashion Week

KBRN, Sintang : Dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 77, Dharma Wanita Persatuan (DWP) RRI Sintang bekerjasama dengan sejumlah organisasi wanita dan UMKM yang ada di Kabupaten Sintang menggelar “Senentang Fashion Week” yang akan dihelat pada sabtu, (13/8/22) mulai pukul 15.00 wib di Taman Entuyut, Sintang. Kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sintang, baik tua maupun muda, pria ataupun wanita.

Ketua DWP RRI Sintang, Lia mengungkapkan Senentang Fashion Week ini adalah salah satu upaya dalam mewujudkan cita-cita besar peringatan HUT RI tahun ini yang mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Sesuai dengan tema hari kemerdekaan kita, maka kami ingin mengajak dan merangkul teman-teman UMKM yang ada di Kabupaten Sintang untuk bisa lebih berinovasi dan berkreasi. Kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa organisasi wanita yang tergabung di dalam GOW,” ujar Lia.

Lia melanjutkan pada kegiatan Senentang Fashion Week tersebut juga melibatkan FW Model School dan beberapa sanggar yang ada di Kabupaten Sintang.

Ketua Panitia acara Senentang Fashion Week, Yuniarti Essi Utami mengatakan saat ini persiapan sudah 80 persen, sisanya tinggal menunggu kesiapan dari peserta. Ia menjelaskan setiap peserta yang akan mengikuti kegiatan Senentang Fashion Week ini menyiapkan sendiri kostum yang akan dipakainya.

Yuni mewajibkan semua yang ingin terlibat pada Senentang Fashion Week untuk mendaftarkan diri ke panitia lewat Instagram @senentangfashionweek atau ke nomor panitia yang telah dicantumkan di flyer yang telah dibagikan dibanyak media sosial, hal tersebut demi pendataan dan keteraturan saat penyelenggaraan acara.

“Kami menutup pendaftaran pada H-3 untuk menghindari membludaknya pendaftar dan supaya efektif saat kegiatan,” terang Yuni.

Yuni menambahkan, animo masyarakat hingga saat ini sangat positif, indikasinya adalah begitu ramainya di media sosial masyarakat Kabupaten Sintang memposting kegiatan tersebut. Banyak pula pihak yang bertanya tentang cara dan syarat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Yuni juga menyampaikan bahwa sudah cukup banyak warga Sintang yang mendaftar dan ingin ikut serta pada kegiatan Senentang Fashion Week ini.

Sementara itu, Kabid Koperasi dan UMKM Disperindagkop Kabupaten Sintang, Nashirul Haq saat dihubungi RRI menyampaikan, ide Senentang Fashion Week ini berawal dari dialog bersama UMKM yang digelar di RRI beberapa waktu lalu yang mengeluhkan tentang susahnya pemasaran produk UMKM asal Kabupaten Sintang. Ia mencontohkan, salah satu produk UMKM asal Kabupaten Sintang seperti Kain Pantang Sintang yang sudah terkenal di Indonesia bahkan sudah menjual produknya ke luar negeri tetapi masih belum banyak dikenal oleh masyarakat Sintang sendiri terutama oleh anak-anak mudanya.

“Oleh karena itu lah kami sarankan untuk membuat Senentang Fashion Week ini mumpung sedang booming fashion week fashion week ini yang memang tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar. Produk-produk seperti inilah yang harus kita tampilkan yang memang produk lokal,” ujarnya.

Nashirul juga mengajak anak-anak muda untuk lebih kreatif dalam berkreasi dengan apa yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Sintang untuk menyaksikan gelaran Senentang Fashion Week secara langsung di Taman Entuyut. Begitu pula untuk masyarakat yang berada di luar Sintang namun ingin menyaksikannya bisa mengikutinya lewat media sosial. Bahkan Ia mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut terlibat dalam acara ini. (dby)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar